UI Raih Juara Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2021

 

UI Raih Juara Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2021

DEPOK – (16/9/2021) Universitas Indonesia meraih penghargaan dari tiga kategori lomba pada Kompetisi Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) 2021. Ketiga penghargaan tersebut yaitu Juara I kategori lomba Riset Investasi, yang diraih oleh tim Risk Lovers, Juara II lomba Audit Investigatif yang diraih oleh tim Wallstreet, dan Juara II Analisis Kasus Manajemen SDM/Modal Insani yang diraih oleh tim 3 Musketeers.

KBMK 2021 diikuti oleh 1.679 peserta (450 tim). Acara ini diselenggarakan oleh UI dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), dengan puncak acara KBMK pada Rabu (15/9).

KBMK 2021 terdiri dari delapan kategori lomba yang dipertandingkan, yaitu Kompetisi Perencanaan Bisnis dengan Aspek Ekosistem Energi Terbarukan; Analisis Aspek Manajemen Operasi; Analisis Kasus Aspek Manajemen Manusia; Analisis Kasus Aspek Manajemen Pemasaran; Riset Investasi; Keuangan Audit Investigatif; Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna; dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Aspek Inovasi dalam Pengurangan Kemiskinan. Tahun ini, KBMK 2021 menambahkan kegiatan berupa Eksibisi Internasional—yang diselenggarakan penuh dalam Bahasa Inggris—sebagai wadah untuk menyebarluaskan karya anak bangsa kepada dunia internasional.

Rangkaian acara dimulai dengan penyampaian laporan oleh ketua panitia KBMK 2021 sekaligus Pj. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, Teguh Dartanto, Ph.D. Teguh menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan oleh Puspresnas Kemndikbud Ristek kepada UI, untuk menjadi penyelenggara kegiatan KBMK 2021. Apresiasi tersebut juga disampaikan kepada para pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan KBMK.

Selain itu, Teguh memaparkan bahwa KBMK berjalan sukses dengan peran aktif para peserta. Mereka berkesempatan untuk melakukan presentasi di depan pimpinan di bidang pemerintah dan industri, sekaligus berpeluang direkrut bekerja oleh para mitra tersebut. Hal ini membuktikan bahwa KBMK berhasil menjadi wadah yang mempertemukan industri dan talenta potensial dari universitas.

Selepas laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia KBMK 2021, acara dilanjutkan dengan sambutan dari pihak UI yang diwakili oleh Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI. Ia menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Puspresnas Kemdikbud Ristek atas kepercayaan kepada UI untuk menyelenggarakan kegiatan KBMK 2021. Haris berharap kerja sama antara Puspresnas Kemdikbud Ristek dengan UI makin meningkat di masa depan.

Prof. Haris juga mengungkapkan kekaguman terhadap peserta KBMK 2021 atas gagasan dan narasi menakjubkan yang diberikan dalam membahas tema yang ada. “Gagasan dan narasi para peserta sangat brilliant dalam membantu penyelesaian permasalahan bangsa yang diulas dalam tema-tema yang diberikan. Tema-tema tersebut sangat relevan dengan kondisi Indonesia yang tengah bergegas untuk bangkit dari Pandemi COVID-19, yang telah melanda selama 1,5 tahun ke belakang, khususnya di bidang perekonomian,” ujarnya

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Puspresnas Kemdikbud Ristek, Asep Sukmayadi menyampaikan bahwa KBMK 2021 diikuti oleh 1.679 peserta yang terbagi ke dalam 450 tim, dan merepresentasikan berbagai wilayah di Indonesia. Dari 450 tim tersebut, diseleksi hingga mengerucut menjadi 88 tim yang akan berlaga di tingkat semifinal dan final KBMK 2021.

Asep menyampaikan bahwa KBMK merupakan wujud perkataan Drs. Mohammad Hatta, bahwa “kampus merupakan wadah untuk para mahasiswa mengembangkan karsa dan cipta.” Lewat KBMK 2021, para mahasiswa memiliki ruang untuk memaparkan gagasan dan ide kreatif kepada para pemangku kepentingan terkait. Dengan cara ini, generasi tangguh dan adaptif dapat tercipta dalam rangka menghadapi perubahan dunia global yang sangat dinamis

Penutupan KBMK 2021 dilakukan oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Nizam memuji keberanian para peserta untuk menyampaikan gagasannya. “Hal tersebut menunjukkan bahwa para mahasiswa memiliki semangat dan tekad belajar yang kuat untuk menyongsong perubahan yang terjadi di masa depan. Oleh karena itu, yang paling penting dalam KBMK ini adalah keberanian para mahasiswa untuk menyampaikan gagasan dan narasinya. Perkara menang atau kalah hanyalah berdasar penilaian juri

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: