UI Tuan Rumah Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2021

 

UI Tuan Rumah Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2021

UI Tuan Rumah Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2021

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (15/9/2021) Universitas Indonesia (UI) menjadi tuan rumah Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek). Kompetisi berlangsung pada 13-16 September 2021, di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, Depok.

KBMK 2021 mengusung tema “Inovasi Anak Bangsa untuk Menghapus Kemiskinan serta Pemberdayaan Potensi Ekosistem Energi Bersih dan Terjangkau pada Konteks Persiapan Era Pasca COVID-19, dalam Kerangka Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan” dengan delapan kategori umum dan satu kategori khusus.

Adapun kategorinya, yakni Kompetisi Perencanaan Bisnis dengan Aspek Ekosistem Energi Terbarukan; Analisis Kasus Aspek Manajemen Operasi; Analisis Kasus Aspek Manajemen Manusia; Analisis Kasus Aspek Manajemen Pemasaran; Riset Investasi; Keuangan Audit Investigatif; Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna; dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Aspek Inovasi dalam Pengurangan Kemiskinan. Tahun ini, KBMK 2021 menambahkan kegiatan berupa Eksibisi Internasional—yang diselenggarakan penuh dalam Bahasa Inggris—sebagai wadah untuk menyebarluaskan karya anak bangsa kepada dunia internasional.

Pada penutupan malam penghargaan, Rabu (15/9), Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, menyampaikan sambutannya, “Tema KMBK 2021 sangat relevan dengan situasi terkini. Mengingat kondisi perekonomian sangat terguncang saat pertama kali pandemi COVID-19 melanda, maka tak heran masyarakat masih terus-menerus membahas topik pemulihan perekonomian Indonesia pasca pandemi.”

Dengan kondisi pandemi yang mulai membaik, tak hentinya pemerintah menggiatkan pemulihan perekonomian. Oleh karenanya, kehadiran kompetisi ini sangat konstruktif, mampu memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam menangani permasalahan negeri tercintanya.

Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ristek, Ir. Suharti, M.A., Ph.D., turut mengapresiasi semangat para peserta dalam mengikuti kompetisi, “Mereka memiliki gagasan komprehensif di tengah kondisi yang serba tidak pasti hari ini. Keterlibatan mahasiswa dalam kompetisi ini merupakan wujud nyata kontribusi terhadap negara.”

“Para mahasiswa yang berkesempatan mencapai babak semifinal diharapkan kelak  dapat mewujudkan gagasannya secara konkrit, sehingga tidak hanya mendapatkan pekerjaan yang baik, tetapi juga menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat luas,” imbuhnya.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud Ristek, Asep Sukmayadi menjelaskan bahwa KBMK termasuk kegiatan Puspresnas untuk memacu prestasi para mahasiswa. Kompetisi ini menyediakan ruang bagi para mahasiswa untuk menuangkan ide kreatif di bidang bisnis, manajemen, dan keuangan dalam konteks kondisi perekonomian pasca pandemi COVID-19.

Ia berharap, para mahasiswa memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman baru selama mengikuti KBMK, mulai dari babak kualifikasi hingga babak semifinal. Bahkan, mengembangkan gagasannya secara lebih serius usai menerima masukan dari dewan juri ataupun melakukan diskusi dengan peserta KBMK lain.

Selepas itu, Universitas Indonesia dan Pusat Prestasi Nasional saling memberikan piagam apresiasi melalui perwakilan kedua belah pihak, yakni Badrul Munir, Ph.D. (Direktur Kemahasiswaan UI), Teguh Dartanto, Ph.D. (Pj. Dekan FEB UI), dan Asep Sukmayadi (Plt. Kepala Puspresnas Kemdikbud Ristek).

Dewan juri KBMK 2021 mewakili berbagai pemangku kepentingan sebagai implementasi kerangka triple helix, di antaranya akademisi, pemerintahan, dan industri. Lebih dari 450 tim dari berbagai wilayah di Indonesia telah mendaftar untuk seleksi penyisihan KBMK 2021. Dari jumlah tersebut, sebanyak 88 tim berlaga di tahap semifinal dan final.

KMBK 2021 melibatkan berbagai pihak sebagai pendukung acara, diantaranya dari pemerintah adalah Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Bappenas, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. Mitra swasta yang turut mendukung berjalannya acara adalah Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan, PT Toba Bara Sejahtera, Tbk, PT Paragon Technology and Innovation, Bank Central Asia, dan Bank Rakyat Indonesia. (hjtp)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: