Workshop Jenjang Karir Keperawatan

 

Workshop Jenjang Karir Keperawatan

Jenjang4Pelayanan Keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan di rumah sakit dan diberikan oleh perawat yang memiliki kompetensi keperawatan dengan melakukan praktik keperawatan dan didukung oleh fungsi manajemen pelayanan keperawatan. Pelayanan keperawatan di rumah sakit diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dengan menggunakan indikator klinik keperawatan, sehingga visi dan misi rumah sakit dapat tercapai dengan optimal.

Oleh karena itu, keperawatan harus berbenah diri untuk memenuhi tuntutan peningkatan pelayanan yang sesuai kompetensi. Salah satu upaya pembenahan dari keperawatan adalah dengan pengembangan dan implementasi Jenjang Karir Keperawatan. Evidence basedmenyampaikan bahwa adanya jenjang karir akan meningkatkan kompetensi keperawatan sehingga kualitas pelayanan keperawatan akan meningkat pula.

Divisi Ventura FIK UI berkerjasama dengan RSUP Fatmawati menyelenggarakan kegiatan Workshop Jenjang Karir Keperawatan pada Rabu-Jumat, 4-6 Maret 2015 di FIK UI SalembaWorkshop ini diharapkan dapat memberikan pemaparan yang lebih menyeluruh terkait kebijakan, proses penyiapan, pengembangan, dan implementasi jenjang karir. Melalui workshop ini peserta akan dipandu dalam pengembangan jenjang karir. Peserta diberikan form-form yang disiapkan dalam pengembangan dan implementasi jenjang karir keperawatan di rumah sakit yang dilengkapi dengan studi benchmarking pada rumah sakit yang telah menyelenggarakan program jenjang karir keperawatan. Setelah mengikuti workshop ini, para peserta dapat mengembangkan jenjang karir keperawatan sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan dapat mendukung terlaksananya akreditasi RS 2012.

Workshop ini menghadirkan narasumber pengembang jenjang karir keperawatan di Indonesia, yaitu: Prayetni, S.Kp., M.Kes (Direktorat Keperawatan dan Keteknisian Medik Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kemenkes RI); Dr. Rita Sekarsari, S.Kp., MHSM (Ketua II PP PPNI)Sugih Asih, S.Kp., M.Kep (Kepala Bidang Keperawatan RSUP Fatmawati dan Tim Jenjang Karir Indonesia); Satinah, S.Kp (Kasie RSUP Persahabatan dan Tim Jenjang Karir Indonesia); Dr. Rr. Tutik Sri Hariyati, S.Kp, MARS (Tim Komparten Keperawatan PERSI); Kumiko Igarashi, RN., Ph.D (Project for Enhancement of Nursing Competency); dan Ogawa Satomi, RN., Ph.D (Project for Enhancement of Nursing Competency).

Jenjang3Jenjang2Jenjang1

 
Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: 
Tags: