Primary tabs

Cara Mendeteksi Kerusakan Mobil Matic

 

Cara Mendeteksi Kerusakan Mobil Matic

Transmisi matic pada mobil sedini mungkin perlu dikenal sebab kendaraan yang dimiliki tentu saja perlu perhatian khusus dari para pemiliknya. Mobil matic memang jauh lebih gampang dalam pengoperasiannya dikarenakan pengemudi cukup mengendalikan posisi transmisi sekali sekali saja, tak adanya fungsi kopling membikin pengendara menjadi lebih santai serta rileks. 

Tetapi tahukah anda prinsip kerja mobil matic yang diulas di artikel http://www.hipwee.com/author/mobilmatic/ juga lebih rumit dibanding manual, oleh kerenanya figur transmisi ini juga lebih rentan kepada kerusakan dibanding mobil transmisi manual dan tentunya tarif yang mesti dikeluarkan relatif lebih menguras kantong.

Sebetulnya kerusakan pada mobil matic tak senantiasa disebabkan oleh umur kendaraan, fakta menggambarkan bahwa cuma 5 persen kerusakan terjadi sebab usia kendaraan yang telah renta, selebihnya 10 persen dimunculkan oleh cara pemakaian yang sembrono alias kurang berhati – hati dan kontributor terbesar dengan sumbangsih sebanyak 85 persen ialah kelalaian dalam mengganti oli atau pelumas transmisi.

Berikut beberapa gejala adanya kelainan pada mobil matic yang perlu segera ditangani :

#1 Tarikan Mobil Matic Terasa Berat Dan Menghentak

Pernahkan Anda mobil terasa menghentak – hentak ketika sedang berjalan? Fenomena ini adalah gejala kerusakan mobil matic yang paling biasa ditemui. Cara mengujinya, coba sambungkan engine scanner dengan soket OBD, kerusakan  umumnya akan bisa terdeteksi dan nampak pada monitor scanner. Faktor penyebabnya seringkali adalah kebocoran pada oli atau keadaan oli telah aus sampai membikin tekanan oli tidak sanggup mengangkat perpindahan gigi pada rpm yang tepat, hasilnya gear akan bermigrasi pada putaran mesin tinggi, hal itulah yang membikin mobil matic terasa menyentak.

#2  Getaran Hebat Ketika Mobil Matic Berjalan

Perlu diingat meskipun tak mempunyai pedal kopling bukan berarti fungsi kopling dihilangkan pada mobil matic, malah jumlah kanvas kopling pada mobil matic  betul-betul banyak cuma saja pengoperasiannya dilaksanakan secara otomatis supaya tak membikin repot kaki pengemudi. Nah jika mobil matic terasa bergetar ketika pergantian gigi dapat jadi disebabkan oleh kanvas yang sudah jelek atau malah gosong.

#3 Transmisi Macet Di Gigi Teratas

Ada kejadian dimana transmisi tak dapat bergerak dari posisi gigi tertinggi, tak dapat naik ataupun turun seolah macet di angka paling atas. Keadaan ini umum  disebut sebagai limp mode atau safe mode, penyebabnya tidak lain dan tidak bukan sebab fitur TCM pada  cara transmisi mendeteksi adanya kekeliruan pada sensor yang bisa merusak  cara secara keseluruhan, karenanya TCM bereaksi dengan mengirim instruksi supaya transmisi stay di posisi netral, jika terjadi keadaan seperti ini, anda sebaiknya menemui signal engine check pada instrument panel, langkah terbaik ialah dengan memeriksakan mobil pada bengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda.