Primary tabs

Tips Merawat Mobil Matic Agar Awet

 

Tips Merawat Mobil Matic Agar Awet

Secanggih apapun produk pabrikan, tentu ada kelemahannya juga. Termasuk mobil matic, kendaraan roda empat yang berteknologi transmisi otomatis ini juga akan cepat rusak bila tidak dirawat dengan baik. Untuk itulah, berikut kami sajikan tips merawat mobil matic agar lebih awet :

1. Periksa Oli Transmisi Secara Rutin

Survey membuktikan, 85 persen kerusakan transmisi matic ialah karena sang pemilik kelupaan mengganti atau memeriksa keadaan pelumasnya. Paling banyak, hal ini akan mengakibatkan overheat seperti diulas di artikel http://suparjo.webgarden.com/blog/mesin-overheat-cepat-merusak. Waktu paling  ideal untuk melaksanakan pemeriksaan ialah pada pagi hari sebelum mobil matic Anda mengawali aktifitasnya. Untuk itu pakai tongkat indikator untuk  mengamati apakah pelumas masih bagus atau tidak, jika kelihatan warna oli telah kecoklatan apalagi terdapat terdapat serbuk besi halus artinya ada permasalahan cukup serius pada transmisi mobil matic anda. 

Lihat juga apakah ada rembesan atau kebocoran pelumas, cobalah sekali – kali memperhatikan kolong mobil matic Anda untuk mengenal apakah ada jejak kebocoran disana, kebocoran dapat terjadi gasket, paking, seal atau pada bak penampungan oli yang disebakan pergantian gigi yang kasar atau menghantam lubang / polisi tidur. Jika oli tak ada masalah, kita maju ke langkah berikutnya  yaitu test drive, maksudnya ialah untuk menguji performa dan cara transmisi mobil matic Anda. Caranya, pindahkan posisi gigi secara pelan mulai dari stop dan start, jika terasa agak berat atau justru menghentak, berarti anda menemukan permasalahan disana.

2. ‘Dengarkan’ Mobil Anda

Sebenarnya kendaraan selalu “berbincang-bincang” dengan anda, cuma seringkali anda yang tak ingin memperdengarkan. Mobil matic sering kali memberi signal atau mengeluh pada anda dengan mengeluarkan bunyi dengungan, mulanya mungkin terdengar seperti bunyi mesin, tapi kalau disimak lebih teliti dengungan hal yang demikian berbeda seperti bunyi yang keluar dari ceret ketika air telah mendidih dan timbul suara – bunyian aneh seperti bunyi benda bertarung.

Kesimpulannya, mengendarai mobil matic memang lebih praktis dan menyenangkan khususnya bagi anda yang sehari – hari beraktifitas di kota besar dengan keadaan jalan padat dan bahkan macet. Namun demikian untuk menjaga kesenangan hal yang demikian kita harus melaksanakan perawatan intensif secara rutin sebab  walaupun pengoperasiannya  benar-benar gampang tapi kita seharusnya mesti konsisten mengamati kondisi mobil matic yang benar sebab sejatinya bagian transmisi otomatis jauh lebih kompleks sekalian lebih peka dibanding transmisi manual.