Primary tabs

Bercerita melalui Media di Pekan Komunikasi 2017

Image: 

 

Bercerita melalui Media di Pekan Komunikasi 2017

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah pola konsumsi audiens terhadap media, dari pasif menjadi aktif. Hal ini membuat berbagai media, baik lama maupun baru, menggunakan cerita dalam mengemas pesan yang ingin disampaikan kepada audiens, atau disebut transmedia storytelling.

Hampir seluruh industri berlomba untuk mengemas pesan dalam cerita yang menarik dan menggunakan berbagai platform media agar dapat mengikutsertakan audiens. Fenomena ini memungkinkan budaya di seluruh dunia bertemu dan berinteraksi sehingga membuat budaya lokal Indonesia kurang mendapatkan perhatian masyarakat.

Melihat fenomena transmedia storytelling yang mengarah pada era “peperangan” cerita, Pekan Komunikasi 2017 hadir dengan tema ‘Tell-a-Tale’. Tema ini diharapkan dapat mengajak peserta untuk merumuskan pesan yang ingin disampaikan, yaitu mengangkat budaya lokal Indonesia, dalam sebuah cerita yang kreatif dan inovatif di beberapa bidang komunikasi.

Pekan Komunikasi 2017 memiliki empat mata acara, yaitu Creabo, PR Vaganza, Adwar, dan Journalight. Keempat mata acara ini memiliki tema masing-masing yang lebih spesifik, juga memiliki empat kegiatan: lomba, kunjungan, lokakarya, seminar.

Creabo (Create and Broadcast) adalah mata acara di bidang penyiaran. Tahun ini, Creabo mengangkat tema ‘Popularizing Local Culture’ untuk meningkatkan kesadaran bahwa dunia penyiaran perlu memasukkan keberagaman budaya Indonesia sebagai kontennya, bukan hanya budaya yang sangat “kota”. Creabo mengajak peserta untuk mengaplikasikan tema ini melalui lomba merancang program televisi dan membuat film pendek.

PR Vaganza adalah mata acara di bidang humas. Dengan tema ‘Exposing Indonesia Tourism through Transmedia Storytelling’, PR Vaganza menyoroti pariwisata Indonesia yang kini sedang berkembang. Melalui lombanya, peserta diajak untuk merancang program humas yang dapat meningkatkan kesadaran dan ketertarikan turis terhadap 10 destinasi prioritas yang ditetapkan Kementerian Parisiwata.

Adwar adalah mata acara di bidang periklanan. Tahun ini, Adwar mengangkat tema ‘Advertainment’ karena munculnya commercial skipping perlu disiasati dengan memasukkan elemen-elemen hiburan dalam sebuah iklan.  Adwar mengajak peserta untuk mengaplikasikan tema ini melalui lombanya, yaitu merancang program iklan yang mere-brand produk lokal Indonesia.

Journalight adalah mata acara di bidang jurnalisme. Dengan tema ‘Culture in Your Backpack’, Journalight ingin mengeksplorasi dunia industri kreatif sebagai seorang backpack journalist. Melalui lombanya, peserta diajak untuk membuat artikel, foto jurnalistik, dan video berita berkaitan dengan dunia industri kreatif.

Lomba-lomba dari keempat mata acara ini dibuka tanggal 23 Januari – 23 Maret 2017. Dari seluruh peserta yang mendaftar dan karya yang dikumpulkan, akan dipilih finalis yang wajib mempresentasikan karyanya dan mengikuti rangkaian kegiatan Pekan Komunikasi 2017.

Namun, tidak hanya peserta, kamu juga bisa mengikuti lokakarya dan seminar yang terbuka untuk umum dan diadakan tanggal 17-21 April 2017 di Universitas Indonesia, Depok. Pekan Komunikasi 2017 menunggu partisipasimu!

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Pekan Komunikasi 2017 di:

            LINE: @uck2557z

            Instagram: @pekankomunikasi

            Twitter: @pekankomunikasi

            Facebook: Pekan Komunikasi UI

            Website: pekankomunikasi.org

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: 
Sumber Informasi: