Primary tabs

MONEV I Internal Universitas Indonesia dalam Bidang PKM-Kegiatan

 

MONEV I Internal Universitas Indonesia dalam Bidang PKM-Kegiatan

Sabtu, 12 April 2014, Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia dan Ikatan Alumni (Iluni) PIMNAS mengadakan monitoring dan evaluasi (monev) internal yang pertama untuk meninjau perkembangan tim-tim penerima dana hibah untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan yang diselenggarakan di gedung K Fakultas Teknik ini diikuti oleh 151 tim mahasiswa penerima hibah PKM bidang kegiatan, seperti PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Penelitian (PKM-P), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M) dan PKM Karsa Cipta (PKM-KC).

Peserta monev yang berasal dari berbagai fakultas ini dibagi dalam 6 ruangan untuk mempresentasikan perkembangan tim dalam proses pelaksanaan kegiatan masing-masing. Acara dimulai pukul 08.00 dengan pengenalan PIMNAS oleh anggota Iluni PIMNAS. Pada pengenalan ini ditampilkan seluruh kegiatan yang diselenggarakan dalam acara PIMNAS yang digelar setiap tahun. Peserta dikenalkan dengan proses presentasi ide dan display produk.

Kegiatan presentasi oleh peserta monev dilaksanakan setelah pengenalan PIMNAS. Kegiatan presentasi tersebut dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 09.00 hingga 12.30 dan sesi kedua dilaksanakan setelah ishoma, yaitu pukul 13.30 hingga 16.00. Pada setiap sesi dilakukan pemaparan perkembangan pelaksanaan kegiatan PKM oleh setiap kelompok selama 10 menit, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tanggapan oleh reviewer selama kurang lebih 10 menit. Reviewer bertugas untuk memberikan kritik dan saran yang dapat dipergunakan untuk menghadapi monitoring dan evaluasi selanjutnya.

Walaupun kegiatan semacam ini baru pertama kali dirasakan oleh sebagian besar peserta, mereka cukup antusias dalam mempresentasikan gagasan-gagasan mereka. Hal ini terlihat dalam keaktifan peserta saat memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh reviewer. Para peserta juga tidak segan untuk bertanya pada reviwer tentang hal-hal yang belum dipahami.

 

Kegiatan monev internal oleh pihak UI ini rencananya akan diadakan sebanyak 2 kali untuk mempersiapkan penerima dana hibah PKM dalam proses monitoring dan evaluasi eksternal yang diadakan oleh pihak DIKTI pada bulan Juli mendatang.  Tim yang berhasil lolos dalam monev eksternal akan mewakili UI di ajang PIMNAS.

Tags: