Primary tabs

Persiapan Monev PKM didanai 2014

 

Persiapan Monev PKM didanai 2014

Selamat malam UI,
Tak terasa bahwa minggu ini akan diadakan monev internal 2 UI yang diharapkan melalui monev internal ini teman-teman dari PKM didanai mampu mempersiapkan diri lebih baik untuk Monev DIKTI sebagai tahapan seleksi untuk mencapai PIMNAS 27 di UNDIP, Semarang.

Saya menuliskan ini mewakili teman-teman yang tergabung dalam Gerakan UI to PIMNAS secara keseluruhan ingin menyampaikan selamat bagi 104 Tim didanai. Pada dasarnya kalian semua telah berhasil dalam ajang keilmiahan ini. PIMNAS bukanlah titik akhir yang harus dicapai, PKM tidak hanya soal bisa melaju ke PIMNAS atau tidak. Ini adalah pembuktian kontribusi kita dalam bidang ilmiah yang sumbangsihnya bisa dirasakan dan bermanfaat untuk masyarakat secara luas, mengikuti amanah yang dituangkan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan dan Pengajaran; Penelitian dan Pengembangan; Pengabdian kepada Masyarakat. Maka dari itu PKM adalah salah satu langkah awal menuju UI yang lebih kreatif dalam bidang keilmiahan, UI yang lebih kritis dan UI yang lebih baik. Gelar juara umum PIMNAS atau medali bukan menjadi tujuan utama. Memang prestasi UI belum maksimal di ajang PIMNAS, tetapi itu bukan menjadi motif utama Gerakan UI to PIMNAS ini ada. Kami berusaha semaksimal mungkin memperjuangkan persiapan tim PKM didanai, birokrasi ke pihak rektorat dan publikasi serta pencerdasan bukan hanya sekedar menginginkan UI juara PIMNAS. Tetapi melihat banyak mahasiswa yang terlibat aktif dalam proses pengembangan wawasan yang penuh dengan pemikiran kritis dan ilmiah adalah puncaknya.

Selalu saya katakan bahwa tim PKM didanai yang aktif menjalankan programnya, berdiskusi dengan dosen pembimbingnya, dan melakukan aktifitas lain sebagai tanggung jawabnya sebagai tim didanai sudah menjadi pemenang dalam ajang ini. Karena tujuan dari kegiatan PKM sendiri adalah mencetak mahasiswa yang sadar tentang pentingnya berpikir kritis dan mewujudkan pikiran-pikiran tersebut ke dalam tindakan nyata yang berdasarkan kajian ilmiah. Apabila kegiatan ini disadari lebih dari sekedar kompetisi, maka saya yakin bahwa mimpi UI untuk mendapatkan medali emas di PIMNAS, atau menjadi juara umum PIMNAS atau membawa pulang Piala Ardhikarta Kertawidya, hanyalah soal waktu. Entah itu tahun ini, tahun depan, atau beberapa tahun lagi. UI bisa sabar menunggu. Tapi pencerdasan akan makna pentingnya berkontribusi secara nyata sebagai mahasiswa, dan sebagai mahasiswa yang sadar akan pentingnya pemikiran-pemikiran ilmiah yang akan terus kami perjuangkan dan kami harapkan kesadaran teman-teman semua untuk mau menularkan hal baik ini kepada teman-teman UI yang lain.

Dalam pelaksanaan PKM, kita dituntut untuk emmahami kaidah penulisan yang baik dan benar, manajemen waktu, manajemen penggunaan anggaran, realisasi ide, presentasi dan lain sebagainya. Tentunya hal ini tidaklah direct benefit, yang manfaatnya langsung dirasakan seketika seperti bermain Games. Tapi manfaatnya dapat dirasakan secara indirect dalam pemahaman kita terhadap penguasaan konsep dari bidang ilmu kita, yang kemudian cara berpikir kita akan terlatih dimana aspek psikomotorik dan aspek berpikir kritis akan mulai terasah, serta banyak manfaat lainnya. Kegiatan ini juga akan sangat bermanfaat dalam membentuk pola pikir kritis dan melakukan suatu metodologi penelitian berdasarkan kaidah ilmiah yang mungkin akan sangat membantu dalam pembuatan tugas akhir kita sebagai mahasiswa. Maka, jangan jadikan PKM sebatas kompetisi untuk mendapatkan apresiasi tinggi setingkat kegiatan-kegiatan konferensi internasional, tapi PKM tentu bermanfaat secara fundamental membentuk kerangka berpikir kita sebagai mahasiswa yang kritis dan sadar akan pentingnya kaidah ilmiah.

Melalui tulisan ini saya juga mau mengingatkan lagi secara pengalaman saya mengikuti monev PKM, bahwa dalam melaksanakan kegiatan monev, dalam presentasi hal yang harus diperhatikan baik-baik adalah kemampuan untuk dapat “menjual” dan mempresentasikan karya kita dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu saya berani mengatakan bahwa kepada tim yang dengan sungguh-sungguh melaksanakan perkembangan PKMnya dan bertanggung jawab secara utuh sebagai individu ataupun sebagai kelompok yang sudah memiliki keunggulan dari segi persiapannya. Maka tim inilah yang memiliki peluang lebih besar untuk dapat lolos ke PIMNAS. Andaikata memang tidak seberuntung itu untuk dapat melaju ke PIMNAS, maka tetap yakinilah tidak ada yang sia-sia karena kalian telah melakukan tugas kalian sebagai tim PKM didanai dengan baik dan penuh tanggung jawab. Percayalah manfaat indirect yang telah saya sebutkan tadi akan membekas dalam proses pembelajaran selama di kampus nantinya. Begitupun bagi yang masih terus mempersiapkan diri sampai saat ini, jangan putus asa, untuk itulah diadakan monev internal 2, supaya masing-masing tim PKM didanai memiliki kesempatan yang sama untuk bisa membenahi diri lebih baik lagi. Tentu perlu diperhatikan pada saat monev DIKTI bahwa reviewer yang akan menilai teman-teman semua akan berasal dari multi-disiplin ilmu, dan kemungkinan teman-teman akan dihadapkan denganreviewer yang berbeda pemahaman ilmunya dengan tema PKM yang kalian ajukan. Maka dari itu, dipersiapakan sebaik mungkin dalam 10 menit waktu presentasi teman-teman mampu meyakinkan para reviewer bahwa PKM kalian layak untuk diberi apresiasi lebih dan mampu melaju sampai PIMNAS. Kuncinya adalah kalian bisa “menjual” dan meyakinkan gagasan kalian baik dan bermanfaat. Kalau memang belum sempurna, maka sampaikan apa yang kalian akan lakukan sebagai janji proses penyempurnaan program kalian.

Saya rasa ini hanyalah sekedar tulisan singkat untuk dapat memotivasi dan memberikan gambaran umum terkait makna PKM itu dan juga pengalaman saat monev PKM dulu.

Dan perlu dicatat dan diperhatikan, untuk saat ini ada kabar bahwa UI akan menjalani monev PKM DIKTI yaitu pada sekitar awal Juli, kabar yang ada dari rektorat menyebutkan sekitar tanggal 6-9 Juli, tetapi masih belum fix. Tentunya jika ada informasi akan terus kami sampaikan melalui kanal informasi UI to PIMNAS.

Selalu pantau kanal informasi UI to PIMNAS untuk info-info terupdate terkait PKM dan pernak-perniknya. Bantu UI untuk lebih baik, jangan lupa juga untuk mengikuti program PKM tahun pendanaan 2015 untuk PKM Kegiatan yang akan mulai diupload proposalnya pada tanggal 8-30 September 2014. Dan PKM Karya Tulis pada bulan Februari 2015. Mari persiapkan diri lebih matang dan lebih siap, galang ide lebih baik lagi, ajak lebih banyak orang terlibat karena yakini lah bahwa PKM lebih dari sekedar kompetisi!

More Info:
Twitter: @UItoPimnas
FB: UI to PIMNAS
web: uitopimnas.ui.ac.id
forum: uiupdate.ui.ac.id/forums/ui-pimnas
-GERAKAN UI TO PIMNAS-

Tags: