Primary tabs

Proposal PKM untuk Pendanaan 2015

 

Proposal PKM untuk Pendanaan 2015

Forums: 

Silahkan mengajukan pertanyaan seputar Proposal PKM untuk Pendanaan 2015 dengan peraturan sebagai berikut:

1. Dilarang menghina, mencela atau menggunakan kata-kata yang tidak pantas, berbau ras dan sex didalam forum

2. Dilarang melakukan post ganda

3. Silahkan post sesuai dengan judul topik

4. bagi yang post  gambar, sinopsis, berita, video, dan link-link lain harap menyantumkan sumber

Gerakan 1000 PKM @UItoPIMNAS

Silakan pantau chirpstory dari lini masa @UItoPIMNAS di bit.ly/Gerakan1000PKM, temukan alasan mengapa PKM menjadi penting bagi UI disana :)

Persoalan dalam pembuatan PKM

Hallo gan? :)
mau nanya nih terkait proposal pkm untuk pendanaan 2015

Ya? Salam, wah kamu penanya

Ya? Salam, wah kamu penanya pertama nih :)

 

Terimakasih sudah berkunjung, silakan saja mau bertanya apa ya?

Ilham PKM

Gini, kemaren ane ada ide gitu sama temen2 buat bikin PKM :D
Ada yg udah selesai dan ada yg masih progress, tapi masih rada2 gak mudeng sama pembuatan proposal yang baik dan benar itu kayak gimana

Hmm... Begini kalau ide udah

Hmm... Begini kalau ide udah ada itu sudah 40% langkah baik, sekarang yg perlu kamu lakukan paling sederhana adalah menganalisa ide kamu dalam bentuk SWOT atau bisa gunakan metode 5 WHY kenapa ide kamu layak untuk diajukan proposal pendanaan kegiatan 2015.

 

Selanjutnya setelah mantap dan logis dilaksanakan dengan analisa kamu, maka lanjut ke TEKNIS penulisannya. Ini nih kendala banyak mahasiswa UI, kita sering terkendala ini. Bagaimana untuk mensiasatinya? Menurut pak Pribadi (salah satu juri PIMNAS dari UI) bahwa setiap permainan atau kompetisi pasti ada peraturannya, maka hal pertama yg harus kamu lakukan adalah MEMAHAMI peraturannya yang tertuang pada Pedoman PKM. Pedoman PKM saat ini yg digunakan adalah tahun 2013, tidak pasti apakah untuk pengajuan tahun 2015 masih menggunakan pedoman 2013 ini atau tidak. Karena biasanya kalaupun keluar pedoman baru, itu adalah H-1 Bulan pengajuan proposal. Tapi berpacu dengan pedoman yang paling akhir kamu WAJIB membacanya, silakan unduh di web UI to PIMNAS di bagian Repository ya, disana juga ada DUMMY PKM kegiatan yang akan memudahkan kamu mengenali FORMAT nya, Ingat ya tujuannya lebih ke arah pengenalan FORMAT, untuk konten kami harap kamu menelitinya lagi dan tetap sesuaikan dengan pedoman PKM 2013 :)

 

Silakan cek di uitopimnas.ui.ac.id

Idenya kayaknya agak layak, tapi nyeleneh

Idenya kita juga sesuaikan dengan permasalahn kekinian dan yah masih dikatakan logis untuk dilaksanakan :)

Idenya itu menjurus ke PKM-K dan PKM-P :D
Tapi ada permasalahan lain yang masih mengganjal. Batas maksimal 10 halaman dalam pembuatan proposal PKM itu dihitung dari ringkasan atau pendahuluan ya?
Aku masih agak bias sama yang di pedoman pkm 2013 yang dari DIKTI, hehe

Ohh oke, semangat ya!

Ohh oke, semangat ya!

 

Jadi gini, sesuai yang disepakati bersama pada proses pengajuan proposal PKM didanai 2014 lalu. Kalau halaman dihitung mulai dari pendahluan sampai dengan daftar pustaka ya. Dengan hal ini maka ringkasan tidak perlu dimasukan di dalam halaman utama. Ringkasan juga baiknya dikerjakan setelah proposal selesai ya (y)

Kalau kamu masih baru atau pemula bisa banget cek info mengenai PKM UI di modul PKM UI di uitopimnas.ui.ac.id juga kok , disana ada penjelasan umumnya :)

Nanya lagi ya MIMIN

Masalah pendanaan, dananya bener2 akan dapet seratus persen dari DIKTI kan? 

Terus apakah dana yang kita ajukan di proposal, apabila didanai akan diberikan sejumlah dana yang tertera di proposal ya?

Pasti!!

Berdasarkan pengalaman, iya pasti 100% cair tapi ingat ya cair sesuai pengumuman diktinyaaa tapi untuk kapan cairnya? Itu tergantung dari DIKTINYA atau UInya mau memberi talangan dulu hehehe CMIW

Sudah dijawab tuh :3

Sudah dijawab tuh :3

Nah diskusinya saling menanggapi saja ya.

Jadi untuk pendanaan memang tidak selamanya didanai 100%, semua tergantung subjektifitas reviewer terhadap proposal kamu. Maka kamu yakinkan lah reviewer dengan membuat proposal yang meyakinkan, dan juga JANGAN asal ya :'), seperti pesan Pak Pribadi, Proposal PKM adalah tanggung jawab ilmiah kamu, maka lakukan itu dengan moral yang tinggi dan berikan pemahaman dan cita-cita terbaik dari proposal kamu. Ini bukan petualangan liar ide. Sehingga ketika kamu didanai pun kamu bisa maksimal menjalankan idemu tanpa terkendala.

Dan bagi kamu yang didanai tidak sesuai proposal, jg JANGAN cengeng! :) buktikan pada reviewer bahwa kamu mampu merealisasikannya walau dengan dana yg minim, usaha terus. Bisa dnegan mencari mitra kerjasama dll. Karena proposal PKM itu seperti halnya kamu ngajuin proposal tender loh. Ini pembelajaran baik sebelum nanti kita kuliah hehehe

Jadi tetap semangat!

betul banget min, jadi inget

betul banget min, jadi inget kata2 pak pribadi kalau PKM itu bukan hasil senda gurau 2 jam di kantin :"

Memang harus fokus dan commit, hasilnya worthed kok :"

Oke mimin

Wah kata"nya super sekali. Makasi banyak mimin

Oiya, mau nanya lagi mimin.

maaf saiia nanya terus

Jujur di fakultas saya banyak dosen yang membuat penilaian bds spesifikasi keilmuan padahal dari pihak PdanK nya sudah memberikan modul kreteria PKM. Padahal kami sudah mengingatkan tentang penggunaan modul dalam pembimbingan PKM.

Kira2 jika penilaian dosen pembimbing tidak sesuai dengan pedoman, menurut mimin tidak apa2 ya kalau tidak mengikuti dosen pembimbingnya :v

Wah berat nih pertanyaannya

Wah berat nih pertanyaannya hehe

 

Harusnya yg jawab dosen nih bukan saya :p

Tapi menurut saya jadikan masukan dosen pembimbing sebagai 'insight" baru, semacam mencoba membuat pikiran kita terbuka atas ide-ide dan masukan yang ada. Tapi memang penilaiannya kan dikembalikan lagi kepada reviewer nantinya, dan reviewerya kan bukan dosen UI, sehingga kamu harus pintar-pintar menelaah dan menganalisa apa-apa yg perlu ditampilkan dalam proposal guna memberikan nilai lebih. Untuk itu pelajari form penialaian juga di pedoman PKM ya

Terlebih sering-sering nanya tuh pengalaman dari kakak-kakak tingkatnya yg udah pernah buat PKM dan lolos didanai, banyak2 diskusi deh :), intinya mimin ga nyalahin dosen kamu ya. Dengan diskusi sebenarnya pikiran kita diajak berdialetika dengan baik kok

Maaf mimin, saiia nanyanya aneh2

Maaf mimin, saiia nanyanya aneh2, hehe

Oiya, berdialetika itu apa ya mimin?

maaf nih mimin, saiia jarang baca buku, banyakan baca komik dan fanficition :D

Wah berhubung tentang kakak tingkat di fakultas yang pernah didanai atau lolos pimnas, jujur kayaknya ditelan sama si bumi :))

makasii ya ada forum ini, jadi saya tidak tersesat lagi di jalan yang salah

pertanyaan lagi 1 belom dijawab mimin

pertanyaan lagi 1 belom dijawab mimin :D
Apakah semua dana yang tertera di proposal akan benar2 di'goalkan?
ada temen yang nanya itu min ^^

Jawabnya "Tidak Selamanya"

Ya tidak selamanya dana yang didapat sesuai pengajuan di proposal tergantung hasil reviewer dari Dikti. Bisa hanya dapat 90%nya atau 80%nya tapi kalau berdasarkan pengalaman sih, tidak jauh dari dana yang kita ajukan ke DIKTI. Ingat saja, PKM bukan masalah dana tapi kreatifitas karena itu, jangan khawatir mengenai dana kalau kita kreatif, kita pasti tahu cara mensiasatinya. Pengorbanan selalu membuahkan hasil yang maksimal cuy CMIW. Kerja Keras+Kreatifitas+Doa= Sukses!!!! hehehe

Wah ini bisa dijadikan Quotes saiia untuk minggu ini

Wah ini bisa dijadikan Quotes saiia untuk minggu ini, makasi yaaaaa sama yang jawab :D "Kerja Keras+Kreatifitas+Doa= Sukses!!!! " 

semoga saja saya dapet ilham dari Tuhan ya :)))

Tapi entahlah, terkadang gimana gitu. Kebanyakan yg di rumpun kesehatan udah gimana gitu sama PKM. Soale kayak gak ada ilham dari ilmu yang didapat dan jarang ada temen yang mau bikin juga. Mungkin karena saiia masih tingkat 1, makanya gini. Doakan ya biar ilham PKM nya gak kabur dibawa sama angin :))

wahh ada rumah baru nih buat

wahh ada rumah baru nih buat nanya2 PKM, hehe..

RT

Iya, betul betul betul

Sekarang orang kayak saiia yg sering bingung"an serasa punya 'tempat' untuk bertanya apapun ttg PKM dari informan yang benar dan jelas :D

hehe bener banget, lebih

hehe bener banget, lebih mudah jadinya :)

Iya, semoga bermanfaat ya.

Iya, semoga bermanfaat ya.

 

teman2 nya juga ajakin kesini ya :3 nanti kita juga akan undang dosen-dosen untuk terlibat dalam forum ini!

Lalu kalau ada kritik dan saran coba disampaikan saja, demi kemajuan UI kita dalam ajang PIMNAS, maka kritik dan saran teman-teman semua bisa menjadi langkah awalnya :)

Terutama dalam pengembangan media diskusi ini, karena kita bekerjasama dengan HUMAS UI, maka kami akan sering memberikan masukan teman-teman sekalian ke pihak UI :)

Semacam Kaskus yah ini

Gimana sih cara buat PKM apa harus menunggu buku panduan???

buat referensi aja kak bisa

buat referensi aja kak bisa dicek terlebih dulu di sini bit.ly/modulpkmui (y)

Semoga DIKTI baik :)

Semoga DIKTI gak ganti2 format PKM yakh

Kasian yang buatnya, hehe

hasil kegiatan selain PKM P dijadikan PKM AI?

haaiii kakak admin atau siapapun :) aku mau nanya banget nih, kalo hasil kegiatan PKM Kewirausahaan, Pengabdian Mayarakat dijadiin PKM Artikel Ilmiah itu kayak gimana ya? apa aja yang dimasukin kesitu? soalnya biasanya yang aku baru tau artikel ilmiah itu dari hasil PKM Penelitian. Banyak yang nanya juga dari temen2ku min. hehe mohon dijawab yoaaahh :3

Halo, wah wah pertanyaanya

Halo, wah wah pertanyaanya bagus

Kalo PKM KC atau Kewirausahaan juga yang dimasukin adalah hasil-hasil dari kegiatan kamu. Misal PKM KC tentang penjelasan produk atau prototipe yang kamu buat sementara yg kewirausahaan adalah hal unik dari kegiatan kamu, unik disini maksudnyakayak proses marketingnya, proses pembuatan produk jualannya dll.

 

Sebenarnya juga yah, yg di PKM AI itu kamu tinggal menyesuaikan laporan akhir PKM kamu bila dari PKM, terus disesuaiin sama format PKM AI nya. Kalo yg dari bukan dr PKM hasil karyanya, ya tinggal disessuaikan saja kok :")

ilmiah itu?

oh gitu tohh.. nah kan namanya artikel ilmiah ya kak. betewe yang dimaksud dengan 'ilmiah' itu apa? laporan kegiatan yang kayak gimana aja sih yang bisa dikategorikan untuk dijadikan PKM Artikel Ilmiah? :D

ilmiah itu?

oh gitu tohh.. nah kan namanya artikel ilmiah ya kak. betewe yang dimaksud dengan 'ilmiah' itu apa? laporan kegiatan yang kayak gimana aja sih yang bisa dikategorikan untuk dijadikan PKM Artikel Ilmiah? :D

Ilmiah itu ..

oh gitu toh. hem kak kan namanya artikel ILMIAH ya. yang dimaksud ilmiah itu apa? dan hasil kegiatan yang kayak gmn saja sih yang dapat dikategorikan untuk dijadikan PKM ARTIKEL ILMIAH? makasih kak :)

Semangat sekali ya

Semangat sekali ya pertanyaannya:p

Gini mbak arsy imanda, jadi untuk PKM Artikel Ilmiah sebenarnya seperti publikasi ilmiah, ilmiah disini memiiki arti bahwa kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode karya ilmiah. Mbak bisa cari yang masuk karya ilmiah itu apa... ini adalah hasil penulusuran mimin soal karangan ilmiah. Tapi perlu diketahui Artikel Ilmiah harus berasal dari sebuah penelitian yang telah selesai dilakukan, dan baiknya teman2 mengikuti PKM kegiatan dulu kalau teman2 belum punya program atau penelitian yang dilakukan.

"Karangan ilmiah merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isisnya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/ keilmiahannya."

cara mencari ide?

ini sebenarnya adalah titipan pertanyaan :)
kan rata" kakak" disini PKM'nya sudah hebat", tips dari kakak bagaimana kira" caranya mencari ide yang bagus untuk PKM?

 

terimakasih :))

Deadline Pengumpulan

kak deadline pengumpulan pkm kapan? terus pengumpulannya dimana? itu diseleksi tingkat ui dulu baru ke dikti apa langsung saja saya ke dikti? terus untuk dosen pembimbing dosen itu bebas ya?