UI Siap Gelar MTQMN XIV

 

UI Siap Gelar MTQMN XIV

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV kini tinggal menghitung hari. Lomba yang akan diikuti oleh 167 perguruan tinggi di seluruh Indonesia tersebut, akan berlangsung mulai tanggal 1—8 Agustus 2015. Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional terdiri dari serangkaian kegiatan lomba membaca, menghafal, men-syarah Alquran serta berbagai jenis perlombaan mengenai kandungan Alquran.

Mengusung tema “Membentuk Mahasiswa yang Beriman, Bertakwa, dan Berakhlakul Karimah Menyongsong Indonesia Emas”. Ada yang baru dalam penyelenggaraan MTQMN tahun ini, yaitu digelarnya lomba desain aplikasi Alquran berbasis komputer.

Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met menyampaikan, semangat juang menyuarakan Alquran menjadi latar belakang UI sebagai penyelenggara MTQMN ini. Sebagai universitas dengan menyandang nama bangsa, kata Anis, UI menjadi jembatan yang menghubungkan dan menyatukan keberagaman, kebhinekaan yang dibangun dengan akhlak yang baik akan menciptakan masyarakat yang sejahtera. Anis juga menekankan, menjadi juara bukanlah segalanya, tetapi membangun generasi penerus yang cerdas dan berakhlak mulia merupakan tujuan besarnya.

Senada dengan Anis, Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQMN XIV Dr. Arman Nefi, S.H, M.M menuturkan bahwa tujuan utama UI sebagai tuan rumah dalam perlombaan ini adalah membangun akhlakul karimah dan menyebarkan syiar agama Islam. Sementara itu, menjawab pertanyaan sejauh mana persiapan UI, Arman Nefi mengatakan bahwa persiapan bagi para kontingen UI telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, “Terkait prestasi, kita mengharapkan prestasi UI lebih baik dari tiga belas MTQMN yang lalu, namun ketua tim kafilah UI sendiri kemarin menuturkan ingin meraih kedudukan tiga besar tahun ini,” Arman menambahkan.

Selain berbagai perlombaan, ajang MTQ mahasiswa terbesar tahun ini pun akan menampilkan berbagai suguhan yang menarik, seperti pameran kaligrafi Iran, seminar, serta pameran busana muslimah oleh Oki Setiana Dewi yang juga merupakan alumni UI.

Penulis: Kelly Manthovani

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: