Ketuk Pintu Layani dengan Hati

 

Ketuk Pintu Layani dengan Hati

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) yang telah berdiri sejak 30 tahun yang lalu merupakan fakultas keperawatan tertua di Indonesia. Pada tahun 2015 ini, FIK UI kembali mengeksiskan diri sebagai bagian dari bangsa yang memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas). Civitas akademika FIK UI berkerja sama dengan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melaksanakan program “Ketuk Pintu Layani dengan Hati (KPLDH)” pada 24 – 27 Agustus 2015 di RW 01 Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Program KPLDH adalah upaya Pemprov DKI Jakarta yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warganya. Dengan diprakarsai oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, program ini mulai dicanangkan pada bulan Mei 2015 dan akan berakhir pada bulan Oktober 2015. Program ini berisi pendataan kesehatan dan pemberian pelayanan, terutama pada warga masyarakat yang tinggal di daerah kumuh dan miskin (Kumis). Sebagai tindak lanjutnya, Dinkes DKI akan memberikan pelayanan kesehatan sesuai data yang ditemukan.

FIK UI menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Pemprov DKI dengan berkontribusi dalam pelaksanaan survey dan pemberian pelayanan berupa penyuluhan kesehatan kepada 856 Kepala Keluarga (KK). Sebagai bentuk dukungan, FIK UI akan menurunkan civitas akademika baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa untuk mengidentifikasi masalah kesehatan komunitas dan keluarga, dalam survey kesehatan dan screening gula darah, lalu diikuti dengan pemberian intervensi sesuai masalah kesehatan yang telah diidentifikasi. Kerjasama FIK UI dengan Pemprov DKI akan terus dilanjutkan dalam bentuk daerah binaan. FIK UI akan menggunakan wilayah kerja Puskesmas Jagakarsa sebagai lahan praktik bagi mahasiswa, baik Program Profesi Ners maupun Magister dan Spesialis Keperawatan Komunitas mulai tahun 2015 ini.

Pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Dies Natalis FIK UI ke-30. Peringatan Dies Natalis FIK UI akan diadakan 2 kali yaitu pada tanggal 20 Maret yang merupakan hari berdirinya Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) di bawah Fakultas Kedokteran, dan 15 November yang merupakan saat dimana PSIK berubah menjadi Fakultas. Tahun ini, FIK UI mengusung tema “30 Tahun Merawat Bangsa.” Acara pada tanggal 20 Maret tersebut merupakan pembuka rangkaian kegiatan selama setahun yang akan ditutup pada acara puncak tanggal 15 November 2015. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan untuk memperingati Dies Natalis FIK UI adalah lomba tumpeng, donor darah, serta lomba olah raga dan seni. Selain pengabdian masyarakat, akan ada kegiatan penanaman pohon, lomba poster, puisi, dan essay tentang keperawatan, penerbitan buku “FIK UI: 30 Tahun Merawat Bangsa,” jalan santai, temu alumni, dan orasi ilmiah.

 

Pengmas 8Pengmas 7Pengmas 6Pengmas 5Pengmas 4Pengmas 3Pengmas 2Pengmas 1Pengmas cover

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: