Membangun Kewaspadaan Terhadap Narkoba di Kalangan Generasi Muda

 

Membangun Kewaspadaan Terhadap Narkoba di Kalangan Generasi Muda

Generasi muda menjadi golongan yang rentan bagi penyalahgunaan narkotika. Oleh karena itu, perlu upaya bersama untuk mewaspadai peredaran narkotika.

Hal tersebut menjadi fokus pembahasan dalam kuliah umum “Membangun Ketahanan dan Kewaspadaan Generasi Muda” yang diselenggarakan pada Senin (24/08/2015).

Kuliah umum tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru Vokasi 2015. Salah satu tema yang diangkat dalam kuliah umum tersebut adalah “Menjauhkan Narkotika dari Generasi Muda untuk Kelangsungan Bangsa”.

Dalam pemaparannya di hadapan 927 mahasiswa baru Vokasi, Kepala Bagian Humas BNN Kombes Pol. Slamet Pribadi, mengatakan bahwa Indonesia saat ini sedang menghadapi darurat narkoba. Riset yang dilakukan oleh peneliti kesehatan UI menyebutkan bahwa dalam satu hari ada 33 nyawa melayang akibat penyalahgunaan narkotika.

Presentase pengguna narkoba adalah pengguna perempuan berkisar 25, 49%, pengguna pria 74, 5% sedangkan presentase pengguna narkotika yang masih pelajar dan mahasiswa berkisar 27,32 %. Kerugian materil yang diakibatkan oleh penyalahgunaan narkoba adalah 63, 1 Triliyun, dan kerugian immateril berjumlah 6,9 triliyun.

Penulis: Kelly Manthovani

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: