Primary tabs

Imbauan Atas Penipuan Mengatasnamakan Pimpinan UI

 

Imbauan Atas Penipuan Mengatasnamakan Pimpinan UI

Sehubungan dengan maraknya penipuan melalui media short message service (SMS) dan media sosial (facebook, whatsapp, dll) yang mengatasnamakan Pimpinan UI, antara lain :

1. Rektor

2. Wakil Rektor

3. Direktur Pusat Administrasi Universitas

4. Dekan

oleh karena itu, kami mengimbau kepada warga UI agar berhati-hati terhadap modus penipuan tersebut. Apabila Anda menerima informasi yang mengatasnamakan pimpinan UI melalui SMS atau media sosial, diharapkan segera melapor dengan meneruskan pesan tersebut ke Kantor Humas dan KIP UI di nomor (021) 786-7222 ext. 100161 atau menghubungi Layanan Informasi UI via email di humas-ui@ui.ac.id.

Informasi atau pengumuman resmi dari pihak UI disampaikan melalui:

• Surat pemberitahuan resmi,

• Laman resmi UI seperti www.ui.ac.id dan uiupdate.ui.ac.id.

Demikian imbauan ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian bersama warga UI.

Ttd Kantor Humas dan KIP Universitas Indonesia.

 

Berikut salah satu contoh penipuan melalui telepon/SMS yang mengatasnamakan Pimpinan UI:

"Saya Pak M. Anis (Rektor UI) bersama Ibu Agustin (Dekan FKM), anak anda diundang oleh Dikti untuk mengikuti pelatihan di Bali tanggal 31 Oktober-1 November 2015. Uang sebesar 10 juta akan ditransfer ke rekening anak anda tapi perlu 3 juta untuk mencairkannya." 

"Selamat Siang, Saya ,Prof.Adi Zakaria Afiff, (WR 2 UI), Ada Undangan Rakernas Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidikan Dari Kemenristek Dikti Untuk Anda No.Peserta 09998879 Yg Akan Di Laksanakan Di Hotel Grand Hilton Semarang Pada Tgl 13-14 Agustus 2016, Seluruh Peserta Di Tanggung Untuk Biaya Transportasi Dan Akomodasinya Oleh Pihak Penyelenggara Yaitu Kemenristek Dikti Rp.7Jt. Utk Penjelasan Dan Penerimaan Dana Akomodasinya Harap Di Hbngi Skrng Jg Ke Bendahara Sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Yakni Prof.Suprapto,MM, Di ,08122505208, Di Hbngi Skrng Jg Sudah Di Tunggu, Maaf Hanya SMS, Soalnya Saat Ini Sy Msh Ada Acara Di Luar Kota, Jd Undangannya Bisa Di Ambil Hari Rabu Di Ruangan Sy,Tks."

"Selamat Siang, Saya ,Prof.Bambang Wibawarta, (WR 1 UI), Ada Undangan Rakernas Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik Dari Kemenristek Dikti, Untuk ,Diah Ayu Maharani,Ph.D, No.Peserta, 09998879 Yg Akan Di Laksanakan Di Hotel Grand Hilton Semarang Pada Tgl 12-13 Oktober 2016, Seluruh Peserta Di Tanggung Untuk Biaya Transportasi Dan Akomodasinya Oleh Pihak Penyelenggara Yaitu Kemenristek Dikti Rp.7Jt. Utk Penjelasan Dan Penerimaan Dana Akomodasinya Harap Di Hbngi Skrng Jg Ke Bendahara Sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Yakni ,Prof.Suprapto,MM, Di ,08122505268, Di Hbngi Skrng Jg Sudah Di Tunggu, Maaf Hanya SMS, Soalnya Saat Ini Sy Msh Ada Acara Di Luar Kota, Jd Undangannya Bisa Di Ambil Hari Rabu Di Ruangan Sy,Tks.,"

Kepada sivitas UI yang pernah menerima telepon serupa mohon untuk meneruskan pesan tersebut ke Kantor Humas dan KIP UI pada no telp. (021) 786-7222 ext. 100161. Yuk, kita bantu rekan-rekan kita agar terhindar dari modus penipuan serupa.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: 
Tags: