Diskusi Panel dalam Rangka Dies Natalis FIK UI ke-30

 

Diskusi Panel dalam Rangka Dies Natalis FIK UI ke-30

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) yang merupakan fakultas keperawatan tertua di Indonesia tahun ini genap berusia 30 tahun. Sejak tahun 1985, Universitas Indonesia telah membuka program pendidikan strata 1 keperawatan yang ditubuhkan pada Fakultas Kedokteran, dikenal sebagai Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK-FK UI). Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangannya, pada tanggal 15 November 1995, program studi ini ditetapkan sebagai Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK UI) dan menjadi fakultas ke-12 di Universitas Indonesia.

Untuk memperingati usia ke-30 tahun ini, FIK UI menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang dimulai pada bulan Maret hingga November 2015 dan mengusung tema “30 Tahun FIK UI Merawat Bangsa.” Dalam rentang waktu tersebut telah dilaksanakan beberapa kegiatan seperti: lomba tumpeng, pertandingan olahraga, art performancedan FIK Idol, pameran foto FIK tempo dulu, lomba poster dan esai, kegiatan pengabdian masyarakat, konferensi internasional, reuni akbar, dan ditutup dengan diskusi panel “The Role of Nursing Higher Education for Universal Health Coverage in Indonesia.”

Diskusi panel dilaksanakan pada Senin, 16 November 2015 mulai pukul 09.00-12.00 WIB dan bertempat di Auditorium Gedung D, Lt. 3, Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) UI, Depok. Kegiatan diskusi panel menghadirkan beberapa pembicara, antara lain Dr. Kirana Pritasari, MQIH. (Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kemenkes RI), Suhartati, S.Kp., M.Kes. (Direktur Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan), Harif Fadhillah, S.Kp., S.H. (Ketua Persatuan Perawat NasionaI Indonesia), dan Prof. Achir Yani S. Hamid, D.N.Sc. (Guru Besar FIK UI) dengan moderator Dr. Enie Novieastari, S.Kp., M.S.N.

Dr. Kirana bertindak sebagai keynote speaker dengan tema “The Role of Nursing Higher Education for Universal Health Coverage in Indonesia.” Diskusi panel dimulai dengan moderator membacakan CV singkat para narasumber. Direktur Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan membahas mengenai “Universal Health Coverage: Konsekuensi bagi Tenaga Keperawatan,” Ketua Umum PPNI mengungkapkan tentang “Peran Organisasi Profesi dalam Pengaturan Praktik Keperawatan dalam Universal Health Coverage,” sementara Prof. Achir Yani S. Hamid, D.N.Sc. menitikberatkan pada “Peran Institusi Pendidikan dalam Menyiapkan Perawat dalam Universal Health Coverage.”

Turut hadir dalam diskusi panel tersebut Rektor UI, Prof. Dr. Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. Dalam sambutannya, Prof. Anis mengungkapkan bahwa pasien harus mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik. Karena itu, pengembangan IPTEK dan inovasi di dunia kesehatan penting untuk meningkatkan pelayanan yang bermutu. Adanya Program S3 di FIK UI membuktikan bahwa peran profesi keperawatan sangat penting. Acara dilanjutkan dengan pembacaan sinopsis Buku Kilas Balik FIK UI oleh Ibu Dewi Irawaty, Ph.D. Selain acara formal, dalam kegiatan tersebut juga diumumkan para pemenang lomba tumpeng dan karyawan FIK berprestasi, serta pemberian penghargaan pada keluarga (alm) Prof. Azrul Azwar (Dekan Pertama FIK UI) dan (alm) Prof. Ma’rifin Husin (salah satu pendiri PSIK-FK UI).

1   2   3   

4   5   6

7   8   9

10   11   12

13

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: