4 Mahasiswa dan 2 Tim UI Lolos ke Babak Final OSN Pertamina 2015

 

4 Mahasiswa dan 2 Tim UI Lolos ke Babak Final OSN Pertamina 2015

Tim juri Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015 telah menyeleksi dan memilih 73 peserta untuk kategori teori dan 15 tim proyek sains untuk mengikuti babak final. Dari Universitas Indonesia, empat mahasiswa lolos ke babak final untuk kategori teori dan dua tim lolos ke babak final untuk kategori proyek sains.

Pengumuman dan pembukaan acara “Seleksi Tingkat Nasional Kategori Teori dan Proyek Sains” dilakukan pada Minggu (22/9/2015) di Sabha Widya UI, Depok. Dalam acara ini, semua finalis untuk kategori sains memamerkan proyek-proyek sains mereka di sejumlah stan yang disediakan panitia.

UI berhasil mengirimkan perwakilannya dalam kategori teori untuk tiga bidang, yaitu fisika, kimia, dan biologi. Jasonk Kristiano dan Gema Ilham Baskara mewakili UI untuk bidang fisika, M. Iqbal Syauqi untuk bidang kimia, dan Yudisthira O. untuk bidang biologi.

Dalam kategori proyek sains, UI berhasil mengirimkan dua timnya, yaitu tim yang diketuai oleh Rana Bouzida dengan judul proyek “Pie-Hat (Piezoelectric Harvesting Techonology) as Renewable Energy for Illumination in Railway Station” dan tim yang diketuai Respati Kevin Prama dengan judul proyek “Energi Alternatif dengan Bio Fuel Cell Berbasis Alga”.

Tim Rana menghasilkan suatu alat yang dapat membuat tekanan pergesekan antarkereta di stasiun kereta api dapat menghasilkan listrik. Listrik ini kemudian dapat menjadi sumber listrik mandiri bagi stasiun kereta api tersebut.

Tim Respati berhasil menemukan metode yang dapat menghasilkan listrik dari alga hijau. Alga hijau adalah jenis alga yang sangat mudah ditemukan di Indonesia seperti di danau-danau atau di selokan. Dua penelitian ini dianggap memenuhi kriteria tema OSN Pertamina tahun ini, yaitu “Energi Baru dan Terbarukan” dan memenuhi kriteria untuk masuk ke babak final.

Babak final diselenggarakan mulai tanggal 21—27 November 2015. Di babak ini, selain mengikuti ujian, peserta juga akan mengunjungi kilang Pertamina di Balongan Indramayu, Jawa Barat. Penganugerahan dan pengumuman pemenang dilaksanakan pada 26 November 2015 di Faculty Club UI, Depok.

 

Penulis: Wanda Ayu

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: