UI Raih Dua Gelar Juara di OSN Pertamina 2015

 

UI Raih Dua Gelar Juara di OSN Pertamina 2015

UI berhasil meraih dua gelar juara pada perhelatan final OSN Pertamina 2015 yang berlangsung di Integrated Faculty Club (IFC), Kampus UI Depok. UI meraih dua juara dalam kategori teori bidang biologi yang berhasil diraih oleh Yudhistira Oktaviandi dan dalam bidang fisika oleh Jason Kristiano.

Selain itu, UI juga berhasil meloloskan beberapa perwakilannya dalam kategori-kategori lain, yaitu M. Iqbal Syauqi yang berhasil meraih predikat juara kedua dalam bidang teori kimia. Sementara, kelompok proyek sains yang beranggotakan Rana Bouzida, Sulkhan Arrosyid, dan Riffal Ruchiandrean dengan proyek penelitian berjudul Pie-Hat (Piezoelectric Harvesting Technology) as Renewable Energy for Illumination in Railway Station berhasil meraih juara ketiga.

Acara ini merupakan puncak acara dari rangkaian OSN Pertamina 2015 dan dihadiri oleh Prof. Intan Ahmad, Ph.D selaku Dirrektur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti, Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UI, serta Sekretaris Korporat Pertamina Wishnuntoro.

Pemenang kategori teori mendapatkan beasiswa masing-masing sebesar Rp8.000.000 (juara I), Rp6.000.000 (juara II), Rp4.000.000 (juara III), dan Rp1.000.000 (juara harapan). Sementara, pemenang kategori proyek sains dapat membawa pulang beasiswa sebesar Rp50.000.000 (juara I), Rp30.000.000 (juara II), Rp15.000.000 (juara III), dan honorable mention masing-masing sebesar Rp5.000.000

Dalam sambutannya, Wishnuntoro mengatakan bahwa hasil-hasil penelitian dari kegiatan OSN Pertamina ini akan dijadikan sebagai aset pengetahuan yang dapat dikembangkan ke depannya oleh Pertamina, baik untuk keperluan industri maupun pengembangan pengetahuan.

Sementara itu, Bambang dalam sambutannya menyatakan harapannya agar acara OSN Pertamina ini dapat memicu motivasi anak-anak bangsa agar dapat berkarya bagi pembangunan negeri. “Semoga kegiatan ini dapat memicu keinginan anak-anak kita untuk tetap memberikan sumbangsih bagi pembangunan negeri kita, “ kata Bambang.

Penulis: Wanda Ayu

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: