Kegiatan Mahasiswa Profesi 2015 di Komunitas

 

Kegiatan Mahasiswa Profesi 2015 di Komunitas

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) sebagai institusi yang menunjang program pemerintah guna meningkatkan kualitas hidup manusia sebagaimana yang tertuang dalam 9 agenda prioritas NAWACITA. Dalam mewujudkan hal tersebut FIK UI melalui program profesi komunitas berupaya untuk menyelenggarakan pelayanan dalam asuhan keperawatan kepada keluarga dan kelompok, seperti yang tercantum dalam UU Keperawatan pasal 1 yang menyebutkan keperawatan komunitas merupakan pelayanan kesehatan yang berlandaskan ilmu dan kiat keperawatan, praktik keperawatan menyelenggarakan pelayanan dalam bentuk asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, kelompok atau masyarakat, baik dalam dalam keadaan sakit maupun sehat.

Selama kurang lebih 5 minggu mahasiswa profesi Ners 2015 melakukan praktik keperawatan komunitas di kelurahan Srengseng Sawah di 3 RW, yaitu RW 05, 07, dan 09. Mahasiswa di masing-masing RW tersebut melakukan asuhan keperawatan komunitas dan keluarga dengan tujuan menemukan masalah kesehatan dan merencanakan tindakan pencegahan, dan promosi kesehatan. Mahasiswa profesi pertama-tama melakukan pengkajian menggunakan model community healh partner, setelah terkumpul data diagnosa ditegakkan dan diprioritaskan 2 masalah terbesar, selanjutnya disusun intervensi keperawatannya bersama warga dan keluarga, kemudian disepakati intervensi yang merupakan hasil mufakat mahasiswa, warga, unsur pemerintahan RT, RW, Puskesmas, LSM terkait, dan kelurahan.

Beberapa kegiatan yang dilakukan di antaranya: Penyuluhan Konsep Hipertensi dan Penanganan Hipertensi: Diet Rendah Garam, Kompres tengkuk hangat, Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Penyuluhan Risiko Jatuh pada Lansia, Penyuluhan di UKS SDN 01, 02, 03, 10 Srengseng Sawah, Penyuluhan di Posyandu Mangga 1, Senam Lansia, serta Penyuluhan Gizi Seimbang Pada Anak.

1     2

3     4

5

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: