Hari Kusta Sedunia 2016

 

Hari Kusta Sedunia 2016

Kusta atau lepra (leprosy) adalah penyakit menular yang menahun dan disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae yang menyerang saraf tepi, kulit, dan jaringan tubuh lainnya. Penyakit kusta dapat menimbulkan masalah yang kompleks. Masalah yang dimaksud bukan hanya dari segi medis tetapi juga meluas sampai masalah sosial, ekonomi, budaya, keamanan dan ketahanan nasional. Penderita kusta sering kali hidup dengan stigma negatif di masyarakat dan kerap mendapat perlakuan diskriminasi.

Hari Kusta Sedunia (World Leprosy Day) setiap tahun jatuh pada hari minggu terakhir di bulan Januari. Hari Kusta Sedunia ditetapkan mulai pada tahun 1953 oleh filantropis sekaligus penulis berkebangsaan Prancis, Raoul Follereau, sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian global mengenai penyakit ini dan menekankan bahwa penyakit kusta dapat dicegah, diobati, dan disembuhkan.

 Tahun ini, Hari Kusta Sedunia jatuh pada tanggal 31 Januari 2016. Peringatan hari kusta ini dijadikan momentum untuk mengingatkan bahwa Orang Yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK) memerlukan perhatian seluruh masyarakat. Diharapkan dengan peringatan Hari Kusta ini masyarakat dapat lebih peduli dengan OYPMK serta menghapuskan diskriminasi terhadap penderita kusta.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: