Hari Kanker Sedunia 2016

 

Hari Kanker Sedunia 2016

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua golongan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun. Hingga kini, kanker masih menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Sejak tahun 2005, 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day yang dirintis oleh International Union Against Cancer atau UICC, yaitu konsorsium global beranggotakan lebih dari 280 organisasi antikanker di 90 negara. World Health Organization (WHO) sebagai bagian dari PBB yang bertugas  memimpin dan mengkoordinasikan kebijakan kesehatan, bekerjasama dengan organisasi-organisasi seperti UICC pada hari ini untuk mempromosikan cara-cara untuk meringankan beban global dari kanker.

Hari Kanker Sedunia bertujuan untuk mengurangi jutaan kematian yang dapat dicegah per tahun, dengan meningkatkan kepedulian dan edukasi mengenai kanker, serta mendorong pemerintah dan individu di seluruh dunia untuk mengambil tindakan terhadap kanker. Untuk peringatan tahun ini hingga 2018, UICC mengambil tema “We can, I can” yang akan mengeksplorasi berbagai cara bagi semua orang, baik secara kolektif atau individu, untuk mengambil peran dalam mengurangi beban global dari kanker.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: