Hadiri Seminar on Business Education Cooperation and Forum on Chinese Enterprises Investing in ASEAN di Shanghai, FEB UI Rintis Strategic Collaboration dengan Shanghai Advanced Institute of Finance

 

Hadiri Seminar on Business Education Cooperation and Forum on Chinese Enterprises Investing in ASEAN di Shanghai, FEB UI Rintis Strategic Collaboration dengan Shanghai Advanced Institute of Finance

Hadiri Seminar on Business Education Cooperation and Forum on Chinese Enterprises Investing in ASEAN di Shanghai, FEB UI Rintis Strategic Collaboration dengan Shanghai Advanced Institute of Finance

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (12/1/2024) Dalam rangka penjajakan kerja sama bidang pendidikan bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menghadiri ‘Seminar on Business Education Cooperation and Forum on Chinese Enterprises Investing in Asean’ yang berlangsung di Shanghai, pada 9-12 Januari 2024.

Seminar ini diselenggarakan oleh Shanghai Advanced Institute of Finance (SAIF), Shanghai Jiao Tong University (SJTU) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dan Asosiasi Advokat Indonesia (AAI).

      

Pada pertemuan ini yang turut dihadiri oleh Prof. Lisa X. Xu (Vice President SJTU) dan greeting speech dari Berlianto Situngkir (Consul General of the Republic of Indonesia in Shanghai) ini, delegasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Dr. Dyah Setyaningrum (Head of Dean’s Office of FEB UI) berkesempatan mengenalkan FEB UI dengan topik Business Education and the Mission of FEB UI.

Turut hadir pembicara seminar lainnya, Tu Guangshao (Executive Director of SAIF SJTU) mengulas seputar Sustainable International Economic Cooperation for Sustainable Economic Development, Prof. Muliaman D. Hadad (President Commissioner of Bank Syariah Indonesia) membahas Strengthening Indonesia-China Relationship, dan Dr. Sarmauli Simangunsong S.H., M.H. (Vice Chairwoman of AAI) memaparkan Indonesian Bar Association Assisting Bilateral Economic Cooperation.

Sementara itu, delegasi FEB UI lainnya, yakni Dr. Hera Susanti (Associate Director LPEM FEB UI) dan Dr. Mohamad Dian Revindo (Associate Director of LPEM FEB UI) hadir dalam Round-Table Dialogue yang membahas ‘Indonesia’s Economy, Education, Law, and Cultural Ecology’ bersama Yostinus Tomiaryanto (Famous Financial Journalist, Director of Tempo.co),  Dr. Sarmauli Simangunsong M.H., S.H. (Vice Chairwoman of AAI), dan Antoni Tampubolon (Chairman of the Indonesian Association of International Trade Educators and Practitioners).

Melihat potensi kualitas pendidikan antara FEB UI dan SAIF sebagai perguruan tinggi bisnis yang telah memperoleh akreditasi internasional terkemuka dari The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) dan meraih pemeringkatan yang sangat baik secara global, keduanya sepakat menginisasi kerja sama. Harapannya, langkah positif dan penting yang mampu memberikan manfaat bagi kedua institusi.

     

Pertemuan ini menghasilkan beberapa rintisan agenda strategic collaboration. Pertama, penandatanganan Agreement of Implementation (AoI) antara Universitas Indonesia dengan Shanghai Jiao Tong University dalam penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, agar dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan jangka panjang yang tentunya akan berdampak baik di Indonesia dan Tiongkok.

Kedua, research collaborations antara peneliti Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI—lembaga pendidikan terkemuka yang berperan penting menyumbangkan pemikiran melalui penelitian, konsultasi, dan pendidikan—bersama SAIF yang mengangkat topik Environmental, Social, and Governance

Harapannya, ke depan FEB UI dan SAIF dapat menginisiasi terbentuknya ASEAN-China Economic Cooperation Research Hub yang mendukung kolaborasi penelitian dan pertukaran akademis mengenai hubungan ekonomi regional antara ASEAN dan Tiongkok; melakukan riset pasar dengan menganalisis potensi bidang kerja sama di berbagai industri seperti perdagangan, manufaktur, pemanfaatan sumber daya alam, infrastruktur, investasi, teknologi, dan sebagainya; mempublikasi laporan penelitian yang relevan untuk memberikan informasi praktis kepada pemerintah dan dunia usaha; serta memberikan saran dan pertimbangan bagi pengambilan keputusan ekonomi pemerintah dalam kerja sama bilateral maupun multilateral antar negara di kawasan ASEAN.

Ketiga, executive and customized education yang mengumpulkan para eksekutif dari China untuk berkunjung ke Indonesia. Kegiatan SAIF ini mengintegrasikan sumber daya pendidikan global terbaik untuk mengembangkan course terkait bisnis dan berorientasi praktik yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran bagi eksekutif di semua tingkatan. Pada course selanjutnya, SAIF mengajak LPEM sebagai partner pengisi acara dari tokoh akademisi dan praktisi yang mengenalkan praktik bisnis dan regulasi di Indonesia. Setelahnya, para eksekutif akan melakukan industrial engagement dengan perusahaan China yang beroperasi di Indonesia.

Lebih lanjut, Executive Dekan SAIF Dr. Shijun Cheng akan mengunjungi FEB UI untuk menindaklanjuti kolaborasi dan menandatangani AoI yang berjangka waktu lima tahun dengan Kepala LPEM FEB UI Chaikal Nuryakin, Ph.D., disaksikan oleh Dekan FEB UI Teguh Dartanto, Ph.D. pada 25 Januari 2024 mendatang.

Seminar secara keseluruhan membahas berbagai topik terkait kerja sama bisnis dan investasi antara Tiongkok dan negara yang tergabung ASEAN, termasuk Indonesia. Harapannya, pertemuan ini mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kerja sama ekonomi bilateral antara Indonesia dan Tiongkok. (ds)

 
Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: