Public Health Expo untuk Indonesia

Image: 

 

Public Health Expo untuk Indonesia

Transisi epidemiologi yang saat ini terjadi di dunia dimana perubahan tren penyakit menular menjadi penyakit tidak menular, tak terkecuali di Indonesia, menjadi fokus perhatian di sektor kesehatan. Tanpa melupakan masalah penyakit menular yang belum juga selesai, masyarakat Indonesia haruslah sadar dengan kondisi tren masalah kesehatan yang sedang mengancam generasi penerus bangsa ini. Menurut MENKES RI proporsi angka kematian akibat PTM meningkat dari 41,7% pada  tahun 1995 menjadi 49,9% pada tahun 2001 dan 59,5% pada tahun 2007, penyebab kematian tertinggi dari seluruh penyebab kematian adalah stroke (15,4%), disusul hipertensi, diabetes, kanker, dan penyakit paru obstruktif kronis.

Menyadari masalah tersebut, BEM IM FKM UI melalui Public Health Expo yang tahun ini menginjak tahun ke-8 akan mengangkat tema yaitu “Safe Future Generation from Non Communicable Diseases by Promoting Healthy Lifestyle”. Public Health Expo 8 bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat Indonesia melalui rangkaian acara yang ada pada Public Health Expo 8. Dengan meningkatnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang ancaman penyakit tidak menular, diharapkan masyarakat Indonesia dapat mencegah PTM. Hal ini dikarenakan PTM dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat dan konsumsi makanan seimbang. Masalah kesehatan yang disebabkan oleh penyakit tidak menular menjadi penting karena derajat kesehatan suatu bangsa menentukan perkembangan negaranya.

Rangkaian acara Public Health Expo 8 dimulai dengan Public Lecture dan Tour the Faculty. Kedua acara tersebut diselenggarakan pada hari yang sama, yaitu pada hari Sabtu, 31 Oktober 2015. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan FKM UI kepada siswa/i SMA dan sederajat. Public Lecture adalah kuliah umum tentang ilmu kesehatan masyarakat serta memperkenalkan ilmu kesehatan masyarakat dan isu – isu kesehatan terkini. Public Lecture pada PHE 8 ini mengangkat tema “Public Health : Shields People from Smoking Effects” dimana nantinya lecturer yang akan mengisi kuliah umum ini adalah guru besar FKM UI. Sementara Tour the Faculty merupakan acara dimana siswa/i akan diajak berkeliling FKM UI untuk mengenal departemen dan komunitas yang ada serta merasakan bagaimana menjadi mahasiswa FKM UI.

Rangkaian acara berikutnya adalah Speech Contest yaitu lomba pidato berbahasa inggris dengan tema “Better be safe than sorry: Save future generation from non communicable diseases by promoting healthy lifestyle” untuk siswa/I SMA seluruh Indonesia. Melalui lomba ini diharapkan para siswa dapat mengenal lebih jauh tentang ilmu kesehatan masyarakat. Speech Contesi ini akan diselenggarakan pada tanggal 4 November 2015.

Acara terakhir sekaligus puncak acara Public Health Expo 8 ialah Seminar Kesehatan Nasional (SKN). SKN merupakan sebuah seminar skala nasional yang dilaksanakan sebagai inti rangkaian dari PHE 8. Tema seminar ini adalah "Against NCD, Now or Never : Do Prevent for Getting Better Health”. Narasumber berasal dari institusi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat , institusi swasta, serta mahasiswa. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 November 2015 di Balai Sidang, Universitas Indonesia.

Melalui berbagai rangkaian acara di PHE 8, kami mengharapkan masyarakat dapat terbuka hatinya untuk sadar bahwa permasalahan Penyakit Tidak Menular patut diperhitungkan. Selain itu, seluruh karya yang dihasilkan oleh peserta acara PHE 8 dapat menjadi solusi dan inspirasi bagi masyarakat di luar sana untuk turut berpartisipasi dalam membangun Indonesia menjadi lebih sehat.

Contact Person: 08531077374 (Fany) 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: 
Sumber Informasi: