Dekan FEB UI Teguh Dartanto Terpilih sebagai ERIA Governor from Indonesia Periode 2022–2025

 

Dekan FEB UI Teguh Dartanto Terpilih sebagai ERIA Governor from Indonesia Periode 2022–2025

Dekan FEB UI Teguh Dartanto Terpilih sebagai ERIA Governor from Indonesia Periode 2022–2025

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (31/1/2022) Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Teguh Dartanto, Ph.D., terpilih sebagai Indonesia’s Representative at the Governing Board of the Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA Governor from Indonesia) periode 2022–2025 berdasarkan Surat usulan penugasan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendagri) bulan Januari 2022.

ERIA sebagai lembaga yang menjadi wadah pemikir ekonomi terkemuka di kawasan ASEAN dan Asia Timur. Rekomendasi penelitian dan kebijakan ERIA begitu berpengaruh dalam proses pembuatan kebijakan di kawasan ASEAN dan Asia Timur. Di Indonesia, ERIA dinaungi oleh Kemendagri RI.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menetapkan Teguh Dartanto sebagai ERIA Governor from Indonesia berdasarkan tiga kriteria, yaitu kredibilitas akademis, muda, dan berada di institusi pendidikan yang disegani.

Teguh Dartanto, berkata “Saya di ERIA Governing Board mewakili Indonesia bersama Governing Board dari 17 perwakilan negara lain yaitu perwakilan negara di ASEAN, Cina, Australia, Jepang, Korea, New Zealand, dan ditambah Sekretaris Jenderal ASEAN. Secara program kerja, ERIA mendorong integrasi ekonomi, kesejahteraan, persatuan, kolaborasi antara negara di ASEAN dan Asia Timur. Namun, fokus saya di ERIA sebagai perwakilan dari Indonesia harus memperjuangkan kepentingan Indonesia untuk mendapatkan manfaat dari program kerja ERIA.”

“Saya cukup terkejut dan tidak menyangka diusulkan oleh Mendag RI atas tugas amanah ini. Saya akan menjalankan amanah kepercayaan ini dengan sungguh-sungguh, kerja keras, dan berkolaborasi dengan Governing Board perwakilan negara lainnya. Selain itu, saya juga bisa membagi waktu sebagai Dekan FEB UI, karena di ERIA ini kerjanya tidak setiap hari. Hanya ada reguler meeting sebanyak 2-3 kali pertemuan dalam setahun, yaitu diawal, tengah, dan akhir berdasarkan tahun anggaran, sehingga tidak akan menyita waktu aktivitas lainnya,” jelas Teguh di pengujung wawancara melalui Zoom.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: