Asuhan Keperawatan Berbasis Modified Chronic Care Model bagi Anak Pengidap Thalassemia β Mayor

 

Asuhan Keperawatan Berbasis Modified Chronic Care Model bagi Anak Pengidap Thalassemia β Mayor

Titi Sulastri resmi menjadi doktor keperawatan ke-27 setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Pemberian Asuhan Keperawatan Berbasis Modified Chronic Care Model terhadap Kualitas Hidup Pasien Anak Usia Sekolah (7-15 tahun) Pengidap Thalassemia β Mayor.” Sidang promosi doktor tersebut berlangsung pada Rabu, 7 Januari 2015 di Gedung Pendidikan dan Laboratorium FIK UI dengan Ketua sekaligus merangkap tim penguji, Ketua Prodi Doktor FIK, Prof. Elly Nurachmah, M.App.Sc., DNSc., dengan promotor Prof. dr. Djajadiman Gatot, Sp.A(K), dan Ko-Promotor Yeni Rustina, S.Kp., M.App.Sc., Ph.D dan Dr. Ede Surya Darmawan, SKM., MDM., dengan anggota Kusman Ibrahim, S.Kp., MNS., Ph.D., Dr. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K)., dan Dr. Nana Mulyana, SKM., M.Kes.

Tujuan penelitian Titi adalah untuk memperoleh model asuhan penyakit kronis pada anak usia sekolah yang mengidap thalassemia β mayor untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Thalassemia adalah salah satu penyakit yang bersifat herediter yang berarti menderita gangguan atau kelainan darah dan akan diidap oleh penderitanya sepanjang hidupnya. Saat ini pemerintah belum memiliki program khusus untuk pencegahan thalassemia. Akibatnya, dari tahun ke tahun jumlah penderita penyakit yang belum ada obatnya ini terus bertambah di Indonesia.

Titi menggunakan desain riset operasional melalui tiga tahapan penelitian, tahap I: Identifikasi masalah dan kebutuhan melalui penelitian kualitatif; tahap II: pengembangaan modifikasi chronic care model hasil integrasi antara penelitian tahap 1, studi literatur dan konsultasi pakar; tahap III: uji coba model dengan quasi experiment with control group design, dan jumlah sampel sebanyak 148. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa modified chronic care model efektif meningkatkan kualitas hidup anak, meningkatkan kemampuan pengelolaan diri anak, meningkatkan status fungsional anak dan meningkatkan sikap keluarga dalam merawat anak. Berdasarkan hasil tersebut, Titi merekomendasikan agar model yang dia hasilkan dapat direplikasi di rumah sakit pemerintah lain.

Titi yang merupakan mahasiswa program doktor FIK UI tahun 2009 dan sekaligus staf pengajar di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta III lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Bu Titi 7 Bu Titi 6 Bu Titi 3Bu Titi 5 Bu Titi 4  Bu Titi 2

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: