Belajar Memahami Pluralisme di Indonesia dan Amerika

 

Belajar Memahami Pluralisme di Indonesia dan Amerika

Jumat (26/6/2015), Kantor Internasional Universitas Indonesia menggelar acara penutupan kunjungan wilayah Jakarta program US-Indonesia Partnership Program (USIPP). Bertempat di Aula Terapung Perpustakaan UI, Depok, acara ini dihadiri 12 mahasiswa dari sejumlah universitas di Indonesia dan Amerika Serikat yang menjadi peserta program USIPP 2015.

USIPP adalah program kursus singkat tahunan hasil kerja sama bilateral pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia untuk meningkatkan pemahaman dalam bidang budaya, agama, dan politik di kedua negara. Selama satu bulan, para peserta dibawa mengunjungi sejumlah tempat di Indonesia dan Amerika Serikat untuk melihat dan merasakan langsung pelaksanaan demokrasi dan pluralisme di dua negara.

Program yang tahun ini bertema “Summer Exchange on Democratic, Society, and Religious Pluralism” diikuti oleh enam universitas yang terdiri atas tiga universitas terkemuka di Indonesia dan tiga universitas di Amerika Serikat. Keenam universitas tersebut adalah Universitas Indonesia (Jakarta), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Universitas Airlangga (Surabaya),  Lehigh University, University of Michigan, dan Towson University (Amerika).

Di Amerika, para peserta di antaranya mengunjungi tempat ibadah kaum Yahudi di Amerika Serikat, mengunjungi komunitas Islam, dan mengunjungi langsung tempat kejadian Tragedi WTC 9/11. Di Indonesia, para peserta diajak berkeliling ke tiga kota besar (Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya) untuk memahami kebudayaan dan pelaksanaan demokrasi di Indonesia.

Di Jakarta, para peserta mengunjungi beberapa tempat, di antaranya Gedung KPK, Masjid Istiqlal, Katedral Jakarta, dan Saung Angklung Mang Udjo. Peserta USIPP juga melakukan dialog dengan beberapa komisi di gedung DPR/MPR.

Tempat-tempat yang dipilih sebagai tujuan kunjungan tersebut dianggap dapat merepresentasikan pluralisme dan demokrasi yang sehat di Indonesia. “Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta yang bersebelahan melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan mereka di bulan Ramadan ini secara damai, bahkan berbagi (tempat) parkir,” ujar Evan, salah satu peserta USIPP dari Lehigh University.

USIPP memberikan fasilitas berupa biaya tiket, visa, serta akomodasi dan konsumsi selama kunjungan di dua negara. Program ini hanya dapat diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang dinyatakan lulus seleksi melalui sistem open recruitment yang diadakan oleh universitas-universitas penyelenggara.

 

Penulis: Wanda Ayu

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: