The Development of Strategic Plan of Nursing in Indonesia

 

The Development of Strategic Plan of Nursing in Indonesia

Sehubungan dengan program pengembangan rencana strategis untuk menguatkan keperawatan di Indonesia, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) bekerja sama dengan World Health Organization for South East Asia Region (WHO-SEARO) menjadi organizing committee pada workshop penyusunan rencana strategis tersebut. Serangkaian kegiatan dilakukan melalui tiga kali serial meeting masing-masingselama dua hari untuk mendapatkan masukan awal terkait strategic direction.

Serial meeting pertama telah berlangsung pada tanggal 7-8 Oktober 2014 di Hotel Santika Bogor. Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Kegiatan, Agung Waluyo, Ph.D dan oleh Dekan FIK UI, Junaiti Sahar, Ph.D. Selanjutnya, penasihat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Prof. Achir Yani S. Hamid menyampaikan materi mengenai “Overview of System of the Nursing Service and Education in Indonesia” dan dilanjutkan dengan materi mengenai “Overview of Nursing Policy and Practice in Indonesia” oleh Ketua Umum PPNI, Dewi Irawaty, Ph.D.Direktur Bidang Keperawatan dari Kementerian Kesehatan RI, Suhartati, M.Kes juga ikut memberikan materi mengenai “Overview of Nursing Workforce Management in Indonesia.” Keseluruhan kegiatan ini akan berlangsung hingga bulan November 2014.

Resource person dan pemangku kepentingan yang berasal dari Kementerian Kesehatan, PPNI, AIPNI, Perwakilan Institusi Pendidikan, Kolegium Keperawatan diundang dalam penyusunan awal rencana strategis (serial meeting) selama bulan Oktober 2014. Hasil rencana strategis ini selanjutnya akan diseminarkan pada bulan November 2014 untuk mendapatkan input yang lebih luas dari beberapa elemen keperawatan.

Workshop WHO 3 Workshop WHO 2

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: