Dukung Pemberdayaan Perempuan, FEB UI Laksanakan Pengabdian Masyarakat Melalui Pengembangan Organic Urban Farming di Depok

 

Dukung Pemberdayaan Perempuan, FEB UI Laksanakan Pengabdian Masyarakat Melalui Pengembangan Organic Urban Farming di Depok

Dukung Pemberdayaan Perempuan, FEB UI Laksanakan Pengabdian Masyarakat Melalui Pengembangan Organic Urban Farming di Depok

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (17/6/2023) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) telah melaksanakan kegiatan program pengabdian masyarakat bertajuk “Pengembangan Organic Urban Farming Komunitas Ibu Hebat Depok” di Kelurahan Sawangan Baru, Depok, Jawa Barat, pada Sabtu (17/6).

Program pengabdian masyarakat ini didanai melalui Hibah Pengabdian Masyarakat skema Gerakan Sosial 2023 yang diselenggarakan oleh FEB UI, dengan Ketua Pengabdi dari Klaster Industri Halal Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D. bersama dua dosen FEB  lainnya, yakni Hapsari Setyowardhani S.E., M.M. dan Sri Daryanti S.E., M.M., dan mahasiswa Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) FEB UI. Adapun mahasiswa S-3 PPIM yang mengikuti kegiatan ini adalah Indra Wibisono, S.ST., M.M., dan Desyra Sukma Dewanthi S.E., M.M. Sementara itu, mahasiswa program S-2 PPIM adalah Nur Islah  Prestyasih dan Athisya Putri Nadifa.

Program pengabdian masyarakat ini terlaksana melalui kolaborasi dengan Dr. Sari Viciawati Machdum dari Departemen Kesejahteraan Sosial  FISIP UI yang didukung pula oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial dalam pengembangan Komunitas Depot Kompos Dahlia, Sawangan Baru, yang dipimpin oleh Aam Anita.

Bukan tanpa alasan, pemilihan Kelurahan Sawangan Baru, Depok, Jawa Barat, sebagai lokasi kegiatan pengabdian dikarenakan pada wilayah yang terdiri atas 49 rukun tetangga (RT) dan 10 rukun warga (RW) tersebut telah terbentuk sebuah komunitas pengembangan lingkungan dan bisnis masyarakat yang bernama Komunitas Ibu Hebat. Komunitas Ibu Hebat sendiri dikenal aktif melalui berbagai kegiatan, seperti pembuatan aneka keripik (dalam pembinaan Jurusan Kesejahteraan Sosial FISIP UI), siomay, kue kering, pupuk kompos, hingga organic urban farming. Akan tetapi, untuk kegiatan organic urban farming, komunitas ini menemui kendala dalam meningkatkan produktivitas akibat minimnya pengetahuan mengenai pertanian dan kurangnya pendanaan untuk memperoleh benih sayur mayur berkualitas.

“Akhirnya, tercetus inisiasi dari para pengabdi guna mengatasi permasalahan komunitas tersebut dan membantu kegiatan komunitas tersebut dalam pelaksanaan organic urban faming  yang secara konseptual  mendukung salah satu pencapaian target SDGs Sustainable Cities and Communities dan Good Health and Well-Being meski dalam lingkup yang sangat kecil. Selain itu, pertanian organik di perkotaan juga selaras dengan program net zero emission di Indonesia,” ujar Sri Rahayu.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dipercayai dapat memberikan manfaat baik lingkungan, sosial, maupun ekonomi. Dari sisi lingkungan, organic urban farming memiliki manfaat ekologis untuk menciptakan ruang hijau di wilayah padat penduduk serta menjamin ketahanan bahan pangan yang aman bagi kesehatan dan tidak merusak lingkungan. Dari segi sosial dan ekonomi, kegiatan ini mendukung Komunitas Ibu Hebat untuk senantiasa mengembangkan dan memberdayakan perempuan agar mampu berdikari secara mandiri untuk membantu kondisi keuangan keluarga melalui peningkatan jumlah panen dan pendapatannya.

Turut hadir pada penyerahan benih di aula Majelis Taklim Sirojul Athfal, Sekretaris Kelurahan Sawangan Baru Reza Tanzila, Ketua RW 008 Sawangan Baru, dan Ketua RT 003 Sawangan Baru, dan para anggota Komunitas Ibu Hebat.

Sebagai informasi, pada 2023 ini, FEB UI dalam pimpinan Dekan Teguh Dartanto, Ph.D. telah meluncurkan berbagai program pengabdian masyarakat, baik bersifat nasional maupun internasional, melalui beberapa skema, yakni (1) Edukasi Masyarakat Secara Daring, (2) Gerakan Sosial, (3) Penugasan Departemen dan (4) Kemitraan Internasional. Seluruh Program Pengabdian Masyarakat dikoordinasikan di bawah unit Riset Pengabdian Masyarakat (RPM) yang dipimpin oleh Dr. Dwi Nastiti Danarsari.

Sebagai rangkaian dari pengabdian masyarakat ini, FEB UI akan menggelar pelatihan bagi Komunitas Ibu Hebat untuk memasarkan produk buatan mereka secara efektif dan tepat sasaran. Hal ini merupakan implementasi dari misi FEB UI untuk memberikan kontribusi pada pengembangan pengetahuan di bidang ekonomi dan bisnis. Selain itu, hal ini termasuk program FEB UI untuk merealisasikan visi dan misinya dan mengaktualisasikan  cita-cita sebagai institusi pendidikan yang inclusiverelevant, dan reputable. Sri Rayahu memaparkan, “Semoga kerja sama ini tidak berhenti sampai di sini, tetapi akan ekspansif dan berkelanjutan. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua.”

Setelah program ini diluncurkan, pemantauan berkala akan dilakukan oleh tim Pengabdian Masyarakat FEB UI untuk menjaga keberlanjutannya dan mengevaluasi hasil panen guna memperhitungkan rencana perluasan program  organic urban farming di wilayah Kelurahan Sawangan Baru maupun wilayah lainnya. Semoga ribuan kebaikan  selalu tumbuh dalam setiap benih yang tersemai melalui pengabdian masyarakat tersebut.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: