FEB UI Kenalkan Konsumsi Berkelanjutan pada Siswa SD dengan Metode Outdoor Environmental Education

 

FEB UI Kenalkan Konsumsi Berkelanjutan pada Siswa SD dengan Metode Outdoor Environmental Education

FEB UI Kenalkan Konsumsi Berkelanjutan pada Siswa SD dengan Metode Outdoor Environmental Education

 

BOGOR – (25/6/2023) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) kembali mengadakan program pengabdian masyarakat pengenalan konsumsi berkelanjutan pada pelajar SD di Jakarta bersama komunitas Green English, Minggu (25/6/2023) lalu. Dengan menggunakan pendekatan Outdoor Envinronmental Education, kegiatan ini memberikan ruang untuk para pelajar belajar ekonomi berbasis lingkungan di alam secara langsung.

Delegasi FEB UI ialah Wahyu Jatmiko, Ph.D., Nur Dhani Hendranastiti, Ph.D., dan Azizon, menekankan pentingnya menanamkan mindset konsumsi berkelanjutan sedini mungkin. Mindset konsumsi yang benar dapat mengurangi beban pengolahan sampah nasional.

“Indonesia adalah penyumbang sampah makanan rumah tangga terbesar di ASEAN dan nomor 4 di dunia setelah Tiongkok, India, dan Nigeria. Setiap tahun produksi sampah makanan Indonesia yang hampir mencapai 21 juta ton menyebabkan kerugian ekonomi setara 5% PDB. Belum lagi dampaknya bagi lingkungan dan sosial,” kata Wahyu.

Menurut Wahyu, mengurangi konsumsi yang tidak perlu dan mubazir adalah kunci dari konsumsi berkelanjutan

Metode Outdoor Envinronmental Education dipilih agar pelajar dapat melihat dan merasakan secara langsung rantai produksi makanan, mulai dari menanam, memupuk, dan memanen. Pelajar juga diberikan kesempatan untuk terlibat dalam proses pembuatan pupuk kompos dan pengelolaan limbah organik dengan Maggot. Para peserta juga dilatih untuk mengambil makan secukupnya dan menghabiskan makanan yang telah diambil sebagai bentuk tanggung jawab dalam melakukan konsumsi.

“Kami percaya bahwa pembelajaran luar kelas menjadi komplemen penting dari metode pengajaran klasik di dalam kelas. Pelajar mendapatkan kesempatan untuk langsung eksplorasi dan bereksperimentasi di lingkungan sekitarnya,” ujar Nadiyah Amatul Haq, pendiri komunitas Green English.

Kegiatan ini diikuti oleh 28 siswa dasar di wisata agrikultur Inagro Bogor, kerjasama antara FEB UI dan Green English, didukung oleh Sekolah Kepemimpinan Sejati Saung Quran AlBarokah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan pelajar tingkat sekolah dasar dapat memiliki pemahaman ekonomi berwawasan lingkungan yang baik, terutama dalam hal konsumsi berkelanjutan guna mendukung SDG 12 (Responsible Consumption and Production) dan SDG 13 (Climate Change).

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: