Mahasiswa FIK UI di OIM 2014

 

Mahasiswa FIK UI di OIM 2014

Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) merupakan ajang kompetisi tahunan terbesar UI di bidang keilmuwan yang telah berlangsung untuk ke-tujuh kalinya. OIM merangkul seluruh mahasiswa aktif Program Sarjana (S1) dan Program Vokasi (D3) dari berbagai fakultas dan jurusan. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 3-17 Oktober 2014 dan bertempat di Kampus Universitas Indonesia, Depok.

Terdapat 14 mata lomba yang dikelompokkan menjadi 2 cabang yaitu Cabang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Cabang Non-PKM. Lomba di cabang PKM terdiri dari: (1) Research Project/ PKM-Penelitian (PKM-P), (2) Business Project/ PKM-Kewirausahaan (PKM-K), (3) Social Project/ PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), (4) Technology Project/ PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), (5) Science Project/ PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), (6) Journal Competition/ PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan (7) Paper Competition/ PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Sementara untuk lomba Non-PKM terdiri dari: (8) OIM Quiz, (9) English Debate, (10) Indonesian Debate, (11) Essay Competition, (12) Inspirational Poster, (13) OIM Exhibition, dan (14) OIM Parade. Sedangkan acara pendukung terdiri dari OIM-net, Sowan Fakultas, Technical Meeting, Opening Ceremony, Talkshow, Closing Ceremony, dan Mentoring.

Tahun ini, OIM UI mengangkat tema “Optimalisasi Peran dan Kreativitas Mahasiswa dalam Meningkatkan Kompetensi Global.” Tujuan kegiatan ini di antaranya adalah untuk membangun dan mengembangkan budaya ilmiah di kalangan mahasiswa UI; meningkatkan keterampilan mahasiswa UI dalam menulis sebuah karya tulis, mengembangkan logika, rasionalitas, dan analisa mahasiswa terhadap sebuah permasalahan yang ada; dan meningkatkan kepedulian mahasiswa UI kepada permasalahan yang kini sedang marak terjadi melalui kritik dan gagasan serta solusi yang diberikan.

Pada Jumat, 17 Oktober 2014 diselenggarakan Closing Ceremony sekaligus pengumuman nama-nama pemenang lomba. Untuk kategori Essay Competition, mahasiswi FIK UI angkatan 2012, Maufiroh, menjadi Juara II dengan esai yang berjudul “Revitalisasi Budaya Riset pada Interprofessional Health Student sebagai Strategi Mahasiswa Kesehatan Menghadapi Tantangan Globalisasi.

Tidak hanya itu, untuk kategori Research Project/ PKM-Penelitian (PKM-P), tim dari FIK UI yang terdiri dari Amy Kurniawati (2011), Tri Hidayanti (2011), Deshinta Rosalina (2012), Sari Rahmawati (2013), dan Natasya Setyamara (2013) menjadi Juara I dengan penelitian berjudul “Efektivitas Cucumis Sativus L terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Wilayah Beji, Depok.” Alasan Amy dkk memilih judul tersebut adalah karena saat ini hipertensi telah menjadi salah satu krisi global. Menurut WHO (2013), satu dari tiga orang di dunia mengalami kenaikan tekanan darah dan di Indonesia, hipertensi sudah menyerang 24,6% penduduknya. Padahal, di Indonesia terdapat SDA berupa Cucumis yang memiliki kadar diuretik hingga 90% yang mampu menurunkan tekanan darah.

Selamat atas prestasi yang telah dicapai. Semoga pencapaian tersebut dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk berkarya dan mengharumkan nama FIK UI.

OIM 2 OIM 3

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: