Mahasiswa Universitas Indonesia Menjuarai Kompetisi Disain Jembatan di NTU Singapura

 

Mahasiswa Universitas Indonesia Menjuarai Kompetisi Disain Jembatan di NTU Singapura

Pada tanggal 10-11 Maret 2018 lalu, Universitas Indonesia mengikuti Bridge Design Competition di Nanyang Technological University (NTU), Singapura. Universitas Indonesia diwakili oleh dua tim, Tim UI-1 (SIPILISTA) yang terdiri dari Sutan Akbar Onggar Siahaan (Teknik Sipil, 1506732103) dan Alfiora Santoni (Teknik Sipil, 1506724165) serta Tim UI-2 (MAKARA GANENDRA) beranggotakan Masrul Wisma Wijaya (Teknik Sipil, 1406533296) dan Jonathan Panjaitan (Teknik Sipil, 1706070412). Keempatnya tergabung dalam CARTALA, klub peminatan jembatan di Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Kompetisi ini merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Civil and Environmental  Engineering (CEE) Club NTU. Pada kompetisi ini peserta membentuk tim yang berisikan dua orang dan setiap tim diminta untuk mendesain struktur prototipe jembatan dengan kayu balsa dan bass. Kompetisi ini diikuti oleh sekitar 53 tim dari berbagai universitas dan politeknik di Singapura, Malaysia dan Indonesia.

Pada kompetisi ini, Tim UI-1 berhasil mendapat peringkat pertama dengan total nilai tertinggi yang terdiri dari aspek efisiensi, estetika, ekonomis dan presentasi, diikuti oleh Universitas Sebelas Maret, dan National University of Singapore pada peringkat dua dan tiga. Sebelum berangkat tim ini melakukan banyak persiapan dengan berbagai percobaan model desain. “Hal yang menjadi sulit dan menantang adalah kasusnya baru diberikan pada hari-H perlombaan, dan kasus ini yang belum kita coba sebelumnya di Depok. Jadi kami merasa sangat tertantang. Alhamdulillah hasilnya kami dapat menyelesaikan dengan baik”, tutur Alfiora pada kompetisi tersebut. (ST/BM)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: 
Tags: