Milad 60 Tahun Prodi Arab FIB UI: Talkshow Inspiratif Kiprah Alumni untuk Negeri

 

Milad 60 Tahun Prodi Arab FIB UI: Talkshow Inspiratif Kiprah Alumni untuk Negeri

Pada hari Selasa 25 Februari 2020, telah dilaksanakan talkshow dengan tema “Kiprah Alumni Untuk Negeri”. Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia dalam rangka Milad 60 tahun Program Studi. Acara berlangsung selama kurang lebih 3 jam. Auditorium Gedung 1 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia sebagai tempat berlangsungnya acara terisi penuh dengan mahasiswa, senior, dan alumni. Meskipun hujan mengguyur wilayah Jabodetabek sedari malam tidak menghalangi penonton dan pembicara untuk datang ke acara ini.

Acara ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh seorang mahasiswi Program Studi Arab yang menjuarai kompetisi qori internasional di Iran. Mahasiswa ini membacakan Surat Ali Imran ayat 102-103 dan Al-Mujadalah ayat 11. Setelah pembacaan Al Quran, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, Ketua Prodi Sastra Arab, Dr. Apipudin memberikan kata sambutan.

Selanjutnya, sesi talkshow dibawakan oleh moderator yaitu Ibu Siti Rohmah Soekarba, M.Hum. dan mengundang para alumni sebagai narasumber untuk naik ke atas panggung. Para alumni ini diperkenalkan profil singkat tentang dirinya oleh moderator mulai dari yang paling muda. Alumni yang dperkenalkan pertama adalah Dr. Muhammad Ardiansyah M.Pd.I. Ia merupakan pengasuh di Pondok Pesantren Attaqwa Depok. Beliau pernah menempuh studi Sastra Arab D3 tahun 2001-2004. Beliau juga memiliki beberapa karya berupa  buku.

Alumni kedua yang diperkenalkan adalah Denny Lesmana, S.S., M.Si.  Deni Lesmana merupakan Diplomat karir di Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia. Beliau merupakan mahasiswa Program Studi Arab Angkatan 1991. Selain itu, Deni Lesmana juga pandai bermain musik. Moderator bercerita bahwa Deni Lesmana pernah bermain gitar pada perjalanan mereka menuju Sumatra Barat.

Alumni ketiga yang diperkenalkan pada penonton adalah Ramdan Syah S.S., S.Sos., S.H., MKM., M.A., M.Ud., M.H. Beliau adalah mahasiswa Program Studi Sastra Arab Angkatan 1988. Beliau adalah alumni yang senang kuliah terbukti dengan jumlah gelar yang begitu banyak. Dari sarjana sosial, sarjana sastra, sarjana hukum hingga magister hukum. Selain itu beliau pernah menjadi ketua umum PBHMI. Ketika berkuliah beliau juga aktif dalam kegiatan teater.

Alumni keempat yang diperkenalkan adalah Prof. Dr. Didin Saepudin, M. A. Beliau adalah mahasiswa Program Studi Sastra Arab Angkatan 1981. Beliau merupakan guru besar Sejarah dan Peradaban Islam di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Prof. Didin merupakan orang yang aktif di IKS dan HMI Komisariat UI. Beliau juga pandai bermain gitar.

Alumni kelima sekaligus yang terakhir yang diperkenalkan adalah Drs. Muhammad Hamdan Basyar, M.Si., APU.(ahli peneliti utama) yang merupakan peneliti senior bidang politik Timur Tengah. Beliau adalah mahasiswa Program Studi Arab Angkatan 1979. Acara ini berlangsung dengan menarik karena masing-masing alumni memberikan penjelasannya untuk jangan takut menjadi alumni Sastra Arab. Mereka sudah menjadi bukti bahwa alumni Sastra Arab juga bisa sukses.  Acara ini ditutup dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: