Mochtar Riady Letakan Batu Pertama Pembangunan Kembali Gedung C FISIP UI

 

Mochtar Riady Letakan Batu Pertama Pembangunan Kembali Gedung C FISIP UI

Pengusaha Mochtar Riady bersama dengan Dekan FISIP UI Dr. Arie Setiabudi Soesilo M.Sc dan Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis M. Met meletakan batu pertama dalam peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP UI pada Senin (24/10). Gedung tersebut nantinya akan bernama Mochtar Riady Social and Political Research Center, sesuai dengan nama dari pendiri grup usaha Lippo Group yang akan menjadi donatur pembangunan tersebut.

Pada Januari 2014, Gedung C FISIP UI terbakar dan mengalami kerusakan parah. Kebakaran tersebut memusnahkan buku-buku koleksi Departemen Sosiologi dan membuat staff pengajar memindahkan ruang kerjanya untuk sementara.

Dekan FISIP UI Dr. Arie Setiabudi Soesilo M.Sc dalam sambutannya mengatakan bahwa Gedung C harus segera kembali dibangun. Ia menyampaikan bahwa rencana tersebut sudah ada sejak lama. Pada awalnya ia mengusahakan membangun kembali dengan dana pemerintah. Namun keinginannya tertunda karena proses birokrasi yang lama dan rumit sehingga rencana tersebut harus tertunda.

Titik terang pembangunan Gedung C muncul ketika terjadi diskusi dengan Mochtar Riady. Lewat diskusi panjang, dirinya pun bersedia menjadi donatur bagi pembangunan kembali Gedung C tersebut. Ia pun mewakili segenap sivitas akademika FISIP UI menyampaikan terima kasih kepada Mochtar Riady atas bantuan yang telah diberikan.

Sosok Mochtar Riady tidak asing lagi bagi UI. Beliau adalah anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UI pada tahun 2005-2009. Beliau juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai pendukung dan pendiri Dana Abadi Universitas Indonesia (UI) pada Oktober 2015 lalu. Perhatian Mochtar Riady terhadap UI juga ia tunjukan ketika pada 2015 ia membantu pembangunan Mochtar Riady Quantum Plaza, sebuah gedung riset nanotechnology di Fakultas Teknik UI.

Acara yang diadakan di lapangan bekas bangunan Gedung C ini turut dihadiri oleh rekan kerja serta istri dan ketiga cucu dari Mochtar Riady. Dalam sambutannya, Mochtar Riady mengatakan pembangunan ini menjadi tanggung jawab sosial bagi dirinya. Menurutnya, Universitas Indonesia merupakan lembaga akademis yang penting bagi bangsa, oleh karena itu pembangunan fasilitas pendidikan di UI juga merupakan pembangunan bagi bangsa.

Kategori Target Audience: 
Kategori Konten: