Pengaruh Paket Kemilau Senja bagi Perempuan Menopause

 

Pengaruh Paket Kemilau Senja bagi Perempuan Menopause

Irna Nursanti resmi menjadi doktor keperawatan pada Senin, 29 Juni 2015 setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengembangan ‘Paket Kemilau Senja’ dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman serta Kemampuan Mengatasi Permasalahan Perempuan Menopause di Jakarta Timur.” Sidang yang berlangsung di Gedung Pendidikan dan Laboratorium FIK UI Depok tersebut dipimpin oleh Dekan FIK UI, Junaiti Sahar, Ph.D., dengan promotor Prof. Dra. Elly Nurachmah, DNSc., dan Ko-Promotor Dra. Setyowati, Ph.D. dan Dr. Dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc. dengan anggota Prof. Drs. Adi Fahrudin, M.Sc., Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), Dr. Yati Afiyanti, MN., dan Elsi Dwi Hapsari, S.Kp., M.S., D.S.

 

Tujuan penelitian Irna adalah untuk mengembangkan “Paket Kemilau Senja” dan pengaruhnya terhadap pemahaman serta kemampuan dalam mengatasi permasalahan perempuan menopause di Jakarta Timur. “Paket Kemilau Senja” berfokus pada program pendidikan kesehatan dan diharapkan dapat menciptakan pemahaman baru pada perempuan menopause terkait dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan perempuan menopause dalam mengatasi permasalahan masa menopause. Pemahaman baru ini terkait dengan peningkatan pengetahuan dan tumbuhnya kesadaran untuk bersikap dan berperilaku dalam melakukan keterampilan untuk mengatasi permasalahan fisik, seksual dan psikologis pada masa menopause.

 

Irna melakukan penelitian dalam dua tahap, kualitatif dan kuantitatif dengan sampel sejumlah 291 responden, yang terdiri dari 158 kelompok intervensi dan 133 kelompok kontrol serta 10 orang partisipan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa “Paket Kemilau Senja” dapat mengatasi permasalahan fisik, seksual dan psikologis perempuan menopause. Irna berharap agar “Paket Kemilau Senja” dapat didesiminasikan kepada petugas kesehatan dan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup perempuan masa menopause.

 

Irna yang merupakan staf pengajar di PSIK FIK Universitas Muhammadiyah Jakarta ini merupakan doktor ke-35 yang lulus dari FIK UI.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: