Peran Perawat dalam Menangani Klien Psikosis

 

Peran Perawat dalam Menangani Klien Psikosis

Jumat25 November 2016, bertempat di Auditorium Gedung Pendidikan dan Laboraturium FIK UI Depok, diselenggarakan Public Lecture oleh Dr. Laoise Renwick dari University of Manchester, Inggris. Dalam kesempatan tersebut Laoise menyampaikan materi dengan topik “The Roles of Nurses in Early Psychosis: Principles and Practice.”

Psychosis atau psikosis dalam bahasa Indonesia merupakan gangguan mental yang menyebabkan ketidakmampuan seseorang menilai realita dengan fantasi. Dalam presentasinya, Laoise menyampaikan beberapa gejala psikosis di antaranya halusinasi, delusi, gejala kognitif, gejala negatif, dan gejala afektif.

Menurut Laoise, pemberian intervensi kepada penderita psikosis sebaiknya dilakukan secepatnya dan tidak ditunda karena ada beberapa hal yang dapat terjadi selama peride penundaan tersebut, misalnya bunuh diri, kekerasan, dan hilangnya beberapa peran penting.

Selanjutnya, Laoise menyampaikan beberapa peran perawat dalam menangani psikosis, yaitu membantu klien dalam memperoleh kembali kontrol dalam hidupnya, mengatur pengobatan, menilai dan memantau keadaan mental klien, serta menilai dan mengurangi faktor resiko yang mungkin dihadapi klien.

Namun, papar Laoise, ada beberapa kelompok masyarakat yang sulit dijangkau yaitu anak muda, laki-laki, etnis minoritas, memiliki diagnosis lebih dari satu, dan tidak adanya keterlibatan keluarga.

Kuliah umum dihadiri oleh sekitar 100 mahasiswa dari program Sarjana, Magister, dan Spesialis peminatan keperawatan jiwa. Turut hadir staf pengajar dari depatemen keperawatan jiwa, Ns. Giur Hargiana, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J. dan Ns. Yudi Ariesta Chandra, S.Kep.

1     2

3     4

5     6

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: