Promosi Doktor PPIE FEB UI Kaji ‘Rural Access Improvement and Its Impact on Income’

 

Promosi Doktor PPIE FEB UI Kaji ‘Rural Access Improvement and Its Impact on Income’

Promosi Doktor PPIE FEB UI Kaji ‘Rural Access Improvement and Its Impact on Income’

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (24/7/2023) Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Ribut Nurul Tri Wahyuni, yang berlangsung di ruang 401-403, Gedung Pascasarjana FEB UI, Senin (24/7).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi D. Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing Prof. M. Ikhsan, Ph.D. (Promotor), Maria Goreti Arie Damayanti, Ph.D. (Ko-Promotor I), dan Khoirunurrofik, Ph.D. (Ko-Promotor II). Selaku tim penguji, Benedictus Raksaka Mahi, Ph.D. (Ketua Penguji), Prof. Dr. Djoni HartonoM. Halley Yudhistira, Ph.D.I Dewa Gede Karma Wisana, Ph.D., dan Prof. Bustanul Arifin, Ph.D.

Dr. Ribut Nurul Tri Wahyuni mengangkat disertasi yang berjudul ‘Rural Access Improvement and Its Impact on Income’ pada sidang terbuka ini.

Pada disertasinya, Promovenda Ribut Nurul mengkaji peran perbaikan akses dalam mendorong transformasi struktural dan peningkatan kesejahteraan di pedesaan Indonesia. Sejalan dengan itu, meningkatkan kemungkinan bagi rumah tangga pedesaan untuk mendiversifikasi pendapatan mereka ke sektor non-pertanian, sehingga meningkatkan kesejahteraan penduduk.

Konteks penelitian ini adalah pembangunan akses perdesaan di seluruh Indonesia dari 2014 hingga 2020. Selama ini, Indonesia menggalakkan pembangunan jalan secara masif, antara lain jalan tol trans Sumatera, trans Kalimantan, trans Sulawesi, trans Papua, dan pesisir selatan Jawa (Pansela). Namun, sejauh mana proyek tersebut dapat mendorong transformasi struktural di daerah pedesaan sebagian besar tidak diketahui.

Maka dari itu, studi ini melakukan banyak upaya untuk mengatasi kesenjangan ini, yakni (1) memfasilitasi penyelidikan kuantitatif tentang peran peningkatan akses pedesaan selama periode pengamatan; (2) mengkaji pengaruh peningkatan akses ke daerah pedesaan terhadap keputusan diversifikasi pendapatan non-pertanian dan dampak keputusan ini pada pendapatan rumah tangga; (3) dan menilai kontribusi peningkatan akses pedesaan pada peningkatan usaha non-pertanian menengah dan besar di dekat jalan sepanjang musim; (4) menggali pengaruh peningkatan akses pedesaan dalam mengurangi ketimpangan spasial.

Kesimpulannya, disertasi menegaskan bahwa peningkatan akses pedesaan mungkin penting dalam mendorong transformasi struktural pedesaan di Indonesia. Secara khusus, peningkatan akses pedesaan yang dibawa oleh proyek jalan pedesaan yang dilakukan oleh pemerintah selama periode 2014–2020 telah mendorong perluasan usaha non-pertanian di sekitarnya, menciptakan lapangan kerja tenaga kerja non-pertanian, dan meningkatkan pendapatan rumah tangga pedesaan. Temuan dalam penelitian ini mendukung kelanjutan proyek peningkatan akses pedesaan untuk kemajuan berkelanjutan dalam transformasi struktural pedesaan di Indonesia.

Dengan ini, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Ribut Nurul Tri Wahyuni lulus dengan predikat Cum Laude dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-139 Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi. Selamat kepada Dr. Ribut Nurul Tri Wahyuni!

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: