Promosi Doktor PPIM FEB UI, Diin Fitri Ande Analisis Investigating The Important Factors Of Umrah Travel Agencies’ Performance

 

Promosi Doktor PPIM FEB UI, Diin Fitri Ande Analisis Investigating The Important Factors Of Umrah Travel Agencies’ Performance

Promosi Doktor PPIM FEB UI, Diin Fitri Ande Analisis Investigating The Important Factors Of Umrah Travel Agencies’ Performance

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (22/8/2023) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universita Indonesia (PPIM FEB UI) mengukuhkan gelar doktor yang ke-315 untuk Dr. Diin Fitri Ande, yang berlangsung di ruang 401-403, Gedung Pascasarjana FEB UI, Selasa (22/8).

Acara dipimpin oleh Ketua SidangArief Wibisono Lubis, Ph.D., dengan Prof. Sari Wahyuni, Ph.D. (Promotor), RR. Ratih Dyah Kusumastuti, Ph.D. (Ko-Promotor). Sedangkan, Tim Penguji diketuai oleh Prof Dr. Adi Zakaria Afiff, dengan anggota terdiri dari Dr. Anggito Abimanyu, Dr. Elok Savitri Pusparini, Riani Rachmawati, Ph.D., dan Dr. Setyo Hari Wijanto.

Pada sidang terbuka yang dilaksanakan secara offline, Dr. Diin Fitri Ande berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Investigating The Important Factors Of Umrah Travel Agencies’ Performance.”

Promovenda Diin Fitri Ande menganalisis bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja biro perjalanan Umrah yang belum banyak dibahas pada penelitian sebelumnya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mempelajari secara empiris peran dari service leaders’ competencies (SLC) dalam biro perjalanan Umrah. Data dikumpulkan dari 150 agen perjalanan.

Setiap agen perjalanan diwakilkan oleh dua karyawan. Lisrel 8.8 dan SPSS 2.3 digunakan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa organizational service orientation (OSO), perceived service quality (PSQ), dan network capabilities (NC) sangat penting dalam meningkatkan kinerja biro perjalanan Umrah. Selain itu, SLC secara signifikan mempengaruhi OSO, tetapi tidak mempengaruhi PSQ dan NC.

Studi ini menemukan bahwa SLC saja tidak cukup untuk meningkatkan PSQ and NC. Hal ini dikeranakan agar bisa berdampak SLC dipengaruhi oleh beberapa factor seperti budaya atau sistem organisasi, dan followers. SLC mempengaruhi kinerja biro perjalanan Umrah melalui OSO. Resource Capacity (RSC) juga secara positif mempengaruhi NC dan OSO, tetapi tidak mempengaruhi PSQ.

Penelitian ini juga memberikan kontribusi teoritis seperti mempelajar SLC secara empiris atau literatur tentang religious tourism. Beberapa manajerial juga dijelaskan, serta batasan dan arah penelitian ke depan.

Dengan ini, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan Diin Fitri Ande lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-315 Bidang Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Diin Fitri Ande!

 

 

 

 

 

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: