Promosi Doktor PPIM FEB UI Eksplorasi Impact of Firm’s Level of Technology Innovation and Circular Business Model to Firm’s Performance

 

Promosi Doktor PPIM FEB UI Eksplorasi Impact of Firm’s Level of Technology Innovation and Circular Business Model to Firm’s Performance

Promosi Doktor PPIM FEB UI Eksplorasi Impact of firm’s level of technology innovation and circular business model to firm’s performance

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (5/6/2023) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Nareswari Sumarsono, yang berlangsung di ruang 401-403, Gedung Pascasarjana FEB UI, Senin (5/6).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, M.M., dengan pembimbing Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. (Promotor) dan Dr. Ir. T. Ezni Balqiah, M.E., M.H. (Ko-Promotor). Selaku tim penguji, Prof. Rofikoh Rokhim, S.E., S.I.P., M.Ec.Dev., Ph.D. (Ketua Penguji), dengan anggota terdiri dari Dr. Setyo Hari Wijanto, Prof. Dr. Tresna Priyana Soemardi, Prof. Anwar Sanusi, Ph.D., dan Riani Rachmawati, S.E., M.A., Ph.D.

Dr. Nareswari Sumarsono pada sidang terbuka ini mengangkat disertasi yang berjudul “Impact of firm’s level of technology innovation and circular business model to firm’s performance: A Strategic-Based Empirical Research in the Indonesian Energy Industry”.

Seiring dengan popularitas perhatian terhadap environment, social, and governance (ESG), konsep ekonomi sirkular saat ini telah meraih daya tarik luar biasa bagi para akademisi, pembuat kebijakan, dan perusahaan di berbagai industri. 

Terlepas dari pentingnya dan praktik yang ada, masih terdapat kekurangan penelitian empiris dalam topik model bisnis sirkular. Terutama, penelitian empiris yang mencoba menggabungkan topik ini dengan inovasi teknologi dan ambidexterity dalam industri energi, yang dianggap sebagai industri padat teknologi dan berisiko tinggi.

Oleh karena itu, Promovenda Nareswari Sumarsono mengeksplorasi dampak tingkat inovasi teknologi perusahaan dan model bisnis sirkular terhadap kinerja perusahaan dengan riset empiris berbasis strategis di industri energi Indonesia.

Dengan metodologi kuantitatif dengan 71 pemimpin perusahaan energi Indonesia sebagai responden, penelitian ini berhasil mengisi kesenjangan penelitian yang ada melalui temuannya.

Pertama, ada dampak positif yang signifikan dari tingkat bisnis sirkular perusahaan model dan tingkat adopsi inovasi teknologi perusahaan terhadap kinerja perusahaan.

Kedua, inovasi pemimpin adalah kunci karena memiliki dampak positif signifikan terhadap tingkat model bisnis sirkular perusahaan, tingkat adopsi inovasi teknologi perusahaan, serta secara langsung terhadap kinerja perusahaan.

Terakhir, ketersediaan teknologi berdampak positif signifikan terhadap kinerja perusahaan, tetapi hanya melalui tingkat adopsi inovasi teknologi perusahaan, sedangkan dampak moderasi dari ambidexterity belum terlihat hasil positif yang signifikan, maka disarankan penelitian longitudinal untuk kajian lebih lanjut. 

Penelitian ini diharapkan dapat mendukung transisi energi di Indonesia. Dengan begitu, bisnis energi konvensional maupun energi terbarukan dapat berjalan beriringan.

Dengan ini, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Nareswari Sumarsono lulus dengan predikat Cum Laude dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-311 Bidang Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Nareswari Sumarsono!

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: