Promosi Doktor PPIM FEB UI Uji ‘Peran Orientasi Kewirausahaan dalam Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia’

 

Promosi Doktor PPIM FEB UI Uji ‘Peran Orientasi Kewirausahaan dalam Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia’

Promosi Doktor PPIM FEB UI Uji ‘Peran Orientasi Kewirausahaan dalam Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia’

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (8/11/2023) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Morrison Hendrik Riwu Kore, yang berlangsung di ruang 401-403, Gedung Pascasarjana FEB UI, Senin (8/11).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Teguh Dartanto, Ph.D., dengan pembimbing Prof. Rofikoh Rokhim, Ph.D. (Promotor), Riani Rachmawati, Ph.D. (Ko-Promotor I), dan Dr. Lily Sudhartio (Ko-Promotor II).  Selaku tim penguji, Prof. Dr. Lindawati Gani (Ketua Penguji), Prof. Sari Wahyuni, Ph.D.Arief Wibisono Lubis, Ph.D., dan Dr. Bambang Siswaji, dan Dr. Ir. T Ezni Balqiah, M.E., M.H.

Dr. Morrison Hendrik Riwu Kore mengangkat disertasi yang berjudul ‘Peran Orientasi Kewirausahaan dalam Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia’ pada sidang terbuka ini.

Pada disertasinya, Promovendus Morrison menguji pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja sosial dan pengaruh kinerja sosial terhadap kinerja keuangan dalam Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan kuesioner survei terhadap sampel 235 pimpinan puncak LKM yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dengan menggunakan dinamika lingkungan sebagai anteseden, aliansi strategik, dan kapabilitas dinamik sebagai mediasi. 

Hasil temuan menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja sosial LKM di Indonesia. Sementara itu, orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, tetapi harus melalui peningkatan kinerja sosial. 

Lebih lanjut, kinerja sosial berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Promovendus Morrison membahas pentingnya LKM meningkatkan kinerja sosial (kedalaman dan luasnya jangkauan) untuk meningkatkan kinerja keuangan. Menurutnya, LKM perlu meningkatkan kontribusi dan tanggung jawab sosial untuk meningkatkan kinerja sosial yang akan berdampak pada kinerja keuangan. 

Kinerja sosial mencakup kedalaman jangkauan untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat yang miskin di sekitar lokasi operasional LKM dan tanggung jawab sosial LKM kepada masyarakat melalui pemberian beasiswa, bantuan pengobatan gratis, bantuan sembako, pembangunan atau renovasi rumah ibadah, dan lainnya.

Dengan ini, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Morrison Hendrik Riwu Kore lulus dengan predikat Cum Laude dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-318 Program Pascasarjana Ilmu Manajemen. Selamat kepada Dr. Morrison Hendrik Riwu Kore!

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: