Ratusan Mahasiswa Asing Ikuti Hari Berbahasa Indonesia di FIB UI

 

Ratusan Mahasiswa Asing Ikuti Hari Berbahasa Indonesia di FIB UI

Rabu (16/4/2014) menjadi hari istimewa bagi mahasiswa asing yang mengikuti program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (LBI FIB UI). Pada hari tersebut, FIB UI menggelar Hari Berbahasa Indonesia (HBI) 2014. HBI tahun ini yang mengambil tema “Hebat, Bergaya, dan Intelek” diikuti 300 mahasiswa BIPA yang berasal dari berbagai negara seperti Taiwan, Bulgaria, Australia, Spanyol, China sampai yang terbanyak yakni dari Korea dan Jepang.

Program BIPA FIB UI adalah program pendidikan bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing agar mampu mengunakan Bahasa Indonesia dengan baik dalam komunikasi sehari-hari. Program BIPA menyediakan tiga level pendidikan, yaitu elementary level, intermediate level,dan advanced level. Ketiga level tersebut melatih mahasiswa asing untuk melakukan percakapan formal maupun informal serta pengetahuan sosial dan budaya Indonesia. 

Pada Hari Berbahasa Indonesia, mahasiswa program BIPA mengikuti beberapa kegiatan. Salah satunya yang menarik banyak pengunjung adalah Festival Kuliner Internasional. Dalam festival tersebut, mahasiswa program BIPA menjajakan makanan khas negaranya masing-masing kepada para pengunjung yang datang. Selain itu, ada pula presentasi tekstil Indonesia dan kompetisi pidato berbahasa Indonesia. Kedua acara tersebut ditujukan bagi mahasiswa program BIPA tingkat menengah dan mahir untuk unjuk kebolehan dalam berbahasa Indonesia. Tema yang diambil untuk dua kompetisi ini adalah mengenai kekayaan budaya Indonesia.

Untuk semakin memeriahkan acara, para mahasiswa program BIPA juga tampil menyanyikan lagu-lagu berbahasa Indonesia. Park Seung Hwan, mahasiswa program BIPA asal Korea Selatan, misalnya, menyanyikan lagu dari penyanyi Afgansyah Reza yang berjudul “Panah Asmara”. Sementara mahasiswa program BIPA asal Jepang, Akane, membawakan lagu berjudul “Cinta Sejati”. Mahasiswa yang sudah 8 bulan tinggal di Indonesia ini tampak sangat antusias dalam mempersiapkan diri.

“Keberadaan Hari Berbahasa Indonesia ini diharapkan mampu memotivasi para pelajar asing untuk semakin memantapkan kemampuannya berbahasa Indonesia. Selain itu, melalui acara ini, diharapkan dapat menarik minat pelajar asing lainnya untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia,” ujar Kepala Program BIPA LBI FIB UI, Dwi Puspitorini. (IRH)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: