Rayakan Mental Health Month, Student Wellness Center dan Adkesma BEM FEB UI Gelar Wellness Festival

 

Rayakan Mental Health Month, Student Wellness Center dan Adkesma BEM FEB UI Gelar Wellness Festival

Rayakan Mental Health Month, Student Wellness Center dan Adkesma BEM FEB UI Gelar Wellness Festival

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (7/11/2023) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI melalui kolaborasi Student Wellness Center (Sweter) dan Adkesma BEM FEB UI menggelar “Wellness Festival” dalam rangka perayaan mental health month, di area Selasar FEB UI, pada Selasa (7/11) hingga Kamis (9/11).

Acara ini merupakan bentuk kepedulian FEB UI yang mengusung tema “Harmonize The Process To Thrive: A Celebration of Mindful Living” dengan harapan mahasiswa FEB UI dapat mengeksplorasi dan memahami pentingnya kesehatan mental melalui berbagai aktivitas yang tersedia. Pada pembukaan, turut hadir Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Arief Wibisono Lubis, Ph.D. dan dihadiri beberapa ketua program studi dan manajer  di lingkungan FEB UI.

Kegiatan utama dari Wellness Festival adalah exhibition yang diadakan di Selasar FEB UI. Exhibition ini akan menyediakan berbagai booth yang dapat dikunjungi dan dimanfaatkan sebagai tempat untuk meluapkan, melepaskan, dan mengekspresikan emosi yang kalian rasakan.

Kepala Student Wellness Center FEB UI Dr. Putri Mega Desiana mengutarakan, “Tahun lalu kami melakukan studi banding ke Singapore Management University. Kami melihat SMU telah lebih dahulu memiliki Student Wellness Center dengan kegiatan festival yang rutin setiap tahunnya. Saya pikir ini akan baik apabila diterapkan pula di FEB UI.”

“Saya melihat kegiatan mahasiswa terbilang sangat hectic dengan kuliah, organisasi, maupun non-akademik lainnya. Di tengah kesibukannya, mereka terkadang kurang memerhatikan bahwa kondisi kesehatan harus dikelola dengan baik. Dengan begitu, kami sebagai institusi pendidikan ingin membantu mahasiswa meningkatkan kesadaran sejak dini terkait kesehatan mental dan fisiknya sehingga mereka dapat mencari solusi untuk mengatasinya, baik untuk diri sendiri maupun teman di sekitarnya yang mungkin membutuhkan pertolongan,” imbuhnya.

Filipus Gwen Putra Pratama, Mahasiswa Ilmu Ekonomi 2021, selaku Kepala Departemen Adkesma BEM FEB UI menjelaskan, “Tercetusnya ide mengadakan acara ini beranjak dari kesadaran akan pentingnya mental health bagi mahasiswa serta tingginya urgensi menyebarkan awareness tentang mental health kepada mahasiswa. Hari ini merupakan tahun pertama terselenggaranya acara ini. Rencananya, kami akan mengadakannya secara rutin, setahun sekali, dengan tema dan konsep yang berbeda. Kami akan terus mengembangkannya ke depan.”

“Mahasiswa FEB UI perlu menghadiri acara ini karena banyak benefit yang dapat diambil, mulai dari booth yang disediakan, yakni Expression Space, Emotion Space, Resting Space, Reflection Space, Play Space, hingga FnB Space. Selain itu, ada berbagai fringe activities yang hanya ada di Wellness Festival, seperti Psikolog On Site, Human Library, Grand Seminar, hingga Yoga Class, yang tentunya memberikan manfaat secara relatif signifikan terhadap kondisi mental health mahasiswa FEB UI,” lanjutnya.

Pada kegiatan Psikolog On Site, Student Wellness Center FEB UI menyediakan psikolog profesional secara on-site oleh Teduh bagi mahasiswa/karyawan FEB UI yang ingin menggunakan layanannya. Psikolog profesional yang tersedia akan siap mendengarkan, memberikan nasihat, serta membantu dalam tantangan yang tengah dialami. Psikolog profesional in akan tersedia setiap hari selama pelaksanaan Wellness Festival.

Lalu, Human library adalah konsep perpustakaan hidup. Fahmi Arya, seorang alumni FEB UI angkatan 2002, akan bertindak sebagai ‘buku’ yang akan secara langsung menceritakan pengalaman hidupnya yang tentunya sangat inspiratif. 

Tak hanya itu, ada pula Grand Seminar pada Rabu, 8 November 2023 di Aula Student Centre FEB UI. Seminar ini mengangkat dua tema besar, yakni ‘Mental Health‘ dan ‘Financial Health‘ yang menghadirkan pembicara Yuniastuti K. Putri dan Makarim Hirdzi.

Dalam menjaga mental yang sehat, tentu butuh fisik yang sehat pula. Yoga telah terbukti sebagai langkah efektif untuk menjaga keduanya. Wellness Festival ini pun menyediakan kelas yoga yang diadakan pada Kamis, 9 November 2023.

Akhir kata, harapannya kehadiran Student Wellness mendorong FEB UI sebagai kampus atau templat belajar inklusif yang didambakan banyak insan karena mampu menerima perbedaan dan merangkul setiap individu yang dalam keadaan kurang baik.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: