Sharing Session, dari Kita untuk Kita

Meidi Derriansyah saat menyapaikan materi Effective Business Communication
 

Sharing Session, dari Kita untuk Kita

Direktorat SDM UI melakukan pembinaan dan peningkatan kompetensi karyawan melalui berbagai pelatihan baik di dalam maupun pelatihan yang diselenggarakan pihak ketiga. Peserta pelatihan ini diwajibkan untuk dapat membagikan ilmu dan keterampilan yang didapat kepada sesama pegawai. Hal ini bertujuan agar kebermanfaatan yang diperoleh dapat menyebar  luas dan menyentuh unit-unit kerja yang ada di PAU.

Adapun sharing session ini sudah dilakukan sebanyak empat kali dengan topik yang berkaitan dengan tugas harian pegawai PAU. Sharing Session ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagi unit kerja dengan topik diantaranya Filling Management diadakan tanggal 24 Maret 2017 dengan pemateri Annissa, S.Hum yang menyampaikan materi diantaranya manajemen arsip, klasifikasi arsip serta prosedur, pemilahan dan pemusnahan arsip.

Sesi berikutnya diadakan pada tanggal 21 April 2017 dengan topik Effective Business Communication yang dibawakan oleh Meidi Derriansyah M.Si dari Subdit P3SDM. Materi yang dibahas yakni bagaimana membangun komunikasi yang efektif dengan lima unsur yaitu Respect (sikap menghargai), Empathy (kemampuan menempatkan diri pada situasi lawan bicara), Audible (dapat dimengerti dengan baik), Clarity (kejelasan dalam menyampaikan pesan) dan Humble (rendah hati).

Dua sesi sharing berikutnya yaitu mengenai Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Competence Based HRM diadakan pada tanggal 5 Mei 2017 dan 2 Juni 2017. Materi SKP dibawakan oleh Nurqamari Lailatul Fatimah, S.Kom dan Competence Based HRM dibawakan oleh Muthiah Rahimah, S.E.

Dalam materi SKP dibahas tentang siklus pengelolaan kinerja yang terbagi menjadi performance planning (rencana kinerja pegawai yang ditetapkan pada awal tahun), performance monitoring (monitoring kinerja umpan balik, coaching dan counseling) serta evaluasi kinerja (triwulan, semester dan sekali dalam setahun). Terdapat juga lima prinsip dalam penyusunan SKP di antaranya jelas, dapat diukur, relevan, dapat dicapai dan memiliki target waktu .

Sedangkan dalam Competence Based HRM dibahas tentang  pengetahuan mengenai manajemen SDM berbasis kompetensi yang diharapkan dapat diterapkan tidak hanya di Direktorat SDM tetapi juga di seluruh unit di PAU.

Sharing Session ke 6 akan diadakan pada tanggal 14 Juli 2017 di Ruang Rapat BPMA, Gedung PAU lt.8, Tertarik? Ayo datang dan ramaikan. 

(ndy)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: