Siapa Bilang UKM Tidak Bisa Menjangkau Pasar Internasional?

 

Siapa Bilang UKM Tidak Bisa Menjangkau Pasar Internasional?

Siapa Bilang UKM Tidak Bisa Menjangkau Pasar Internasional? 

Rima Noersita Sarvi ~ Humas FEB UI

Depok – UKM Center FEB UI menyelenggarakan Bedah UKM untuk menjelaskan kepada para pelaku UMKM di Indonesia bagaimana cara agar bisnis UMKM dapat menjangkau pasar Internasional. Kegiatan ini dihadiri oleh Adez Aulia (CMO & Founder of PowerCommerce)Budi Ihramsyah (General Manager of Andalin) serta Ferry K. Bastian (VP Funding of Investree) sebagai pembicara yang berlangsung di Aula Student Center, pada Rabu (27/02/2020).

Kegiatan ini diawali dengan para peserta menyanyikan lagu wajib “Indonesia Raya” dan dilanjutkan dengan sambutan dan penjelasan mengenai program-program baru dari UKM Center FEB UI yang disampaikan oleh Muhammad Miqdad Robbani, Manager Advokasi UKM Center FEB UI.

Pada sesi Talkshow, Adez Aulia membuka materi mengenai PowerCommerce, ia juga menjelaskan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelaku UMKM sehingga tidak lolos kurasi. Menurut Adez Aulia, kunci agar lulus kurasi adalah Be Creative. “Kalau mau ekspor, kita pasti bisa bantu. Tapi mohon maaf banget kalo barangnya kurang bagus, kita tidak bisa bantu.” Ungkapnya.

Selanjutnya, penjelasan lebih lanjut mengenai ekspor, prosedur umum ekspor, dokumen apa saja yang diperlukan untuk kebutuhan ekspor dan sebagainya dijelaskan oleh Budi Ihramsyah. Menurutnya, Ekspor adalah kegiatan penjualan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya yang berada di negara berbeda. Ekspor tidak dapat dilakukan sendiri, tetapi harus ada badan penyedia jasanya seperti Freight Forwarderatau Courier. Adapun manfaat dari ekspor yaitu: Menjangkau pasar lebih luas, membuat dampak social yang besar serta memperbaiki standar perusahaan.

Terakhir dari sesi Talkshow ini, Ferry K. Bastian memberikan materi mengenai Digital Environment Peer-to-Peer Lending and UMKM Export.Investree merupakan perusahaan teknologi financial yang bergerak di bidang peer to peer lending.Investree mengadakan sistem pinjaman dengan mendapatkan sumber dari banyak orang. Jadi, Investree membantu mempertemukan orang yang ingin mengajukan pinjaman dengan orang yang bersedia memberikan pinjaman melalui  peer-to-peer lending platform-nya. Investree juga menyediakan pinjaman yang berbasis Syariah.

Kegiatan ini diakhiri oleh sesi tanya jawab dan penyerahan plakat kepada para pembicara, penyerahan door prize dan foto bersama.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: