Primary tabs

SPE UI SC Guest Lecture Pertama di 2017 : Overview and Introduction to Oil and Gas

 

SPE UI SC Guest Lecture Pertama di 2017 : Overview and Introduction to Oil and Gas

Depok – SPE UI SC  secara kontinu selalu memberikan yang terbaik untuk memberikan kepuasan maksimal kepada member dengan memberikan pengetahuan lewat guest lecture, training, dan pelatihan keilmuan. Awal tahun ini, kita telah mengadakan guest lecture pertama pada tanggal 14 Februari 2017 pukul 13.00 di ruangan Chevron FTUI berkolaborasi dengan IATMI SMUI.

Guest lecture adalah program dimana kita mengundang profesional untuk bisa bertanya kepada mereka mengenai pengetahuan minyak dan gas. Guest Lecture ini membahas tentang “Overview and Introduction to Oil and Gas”. Guest lecture ini diadakan bertujuan untuk mengajarkan member baru dan member lama yang belum mendapat kesempatan untuk belajar tentang pengetahuan dasar mengenai minyak dan gas bumi. Kuliah ini dibagi menjadi tiga bagian. Geologi (eksplorasi), Drilling, dan Production. Dengan acara ini, member dapat mempunyai pengetahuan standar dan informasi komperehensif tentang pengetahuan minyak dan gas bumi.

Pada guest lecture ini kami mempunyai tiga narasumber. Narasumber pertama adalah Pak Julianta P. Panjaitan ST, MT., Pak Julianta adalah orang yang telah berpengalaman selama 15 tahun di industri minyak dan gas bumi. Beliau bertanggungjawab terhadap bagian eksplorasi dan geologi. Dia telah berpengalaman di Conoco Philips, Schlumberger, dan sampai sekarang di Medco E&P. Narasumber kedua adalah Pak Hendriawan Anandaputra Soematri, beliau bertanggungjawab untuk bagian drilling karena beliau adalah drilling enginner di Medco E&P. Dua puluh tahun pengalaman di reservoir engineer, narasumber ketiga bernama Pak Brian Schupp, Dia bertanggung jawab atas bagian produksi.

Sesi pertama membicarakan tentang geologi dan bagaimana cara menemukan minyak di reservoir dan bagaimana kita memprediksikan minyak di source rocks, pengetahuan seperti  petroleum system, (seperti apa antiklin, salt dome, dll). Pada dasarnya, geologi  membicarakan ide bagaimana kita menemukan minyak di bumi. Sesi  kedua adalah tentang drilling reservoir dan bagaimana menghubungkan source rock didalam bumi. Sesi production adalah tentang bagaimana kita mengambil minyak di dalam bumi dan membawanya ke permukaan, dan juga membuat minyak tersebut menjadi sesuatu yang bisa dikonsumsi seperti bensin, CNG, LNG, atau apapun yang dapat membantu hajat hidup manusia.

“Kita berterimakasih kepada peserta dan narasumber. Hari tersebut ruangan chevron penuh oleh peserta. Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang telah hadir. Kami berharap member dapat mencapai potensi terbaiknya dengan bergabung bersama kami “ kata Novaldy, Deputy Director of Education. (Glory Lamria SPE UI)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: 
Tags: