Aksi Donor Darah

 

Aksi Donor Darah

UPT PLK UI menggelar kegiatan Donor Darah. Sabtu (7/11) aksi sosial ini dilaksanakan di lapangan UPT PLK UI Depok, dan berhasil mengumpulkan 61 kantong darah dari 97 pendonor. Selanjutnya darah tersebut disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan donor darah ini merupakan hasil kerja sama PMI Pusat dengan UPT PLK Universitas Indonesia. Kegiatan Donor Darah ini merupakan rangkaian acara dari HUT SATPAM Ke-35 Universitas Indonesia tahun 2015.

Kegiatan donor darah dihadiri oleh sivitas UI dan masyarakat umum yang berjumlah 97 pendonor. Calon pendonor yang telah mendaftar lalu dicek darah dan kesehatannya, apabila sehat dan memungkinkan dilanjutkan dengan pengambilan darah sebanyak kurang lebih 250cc.

Mendonorkan darah memiliki banyak manfaat di antaranya bisa merangsang sumsum tulang tetap keadaan aktif. Darah yang didonorkan sekitar 250 cc akan digantikan dengan 250 cc darah baru yang mempunyai fungsi dan kekuatan lebih optimal guna mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh secara umum akan terjaga kesehatannya. Mendonorkan darah juga berguna untuk pemeliharaan fungsi jantung, sebab jumlah darah yang terlalu banyak dapat membebani jantung.

Kepala UPT PLK Prof. Dr. Ir. Anondho Wijanarko, M.Eng.  yang turut hadir sekaligus mendonorkan darahnya pada kegiatan ini mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat lainnya. Aksi donor tersebut juga bertujuan untuk menanamkan jiwa sosial kepada sivitas, melatih diri menjalankan aksi sosial bagi sesama.

Saatnya pemuda menjadikan kegiatan donor darah sebagai gaya hidup, donor darah itu menyehatkan!

If you donate money, you give food.

If you donate blood, you give life.

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: