Peningkatan Efisiensi Layanan Pembayaran Tiket Masuk di Gerbatama UI

 

Peningkatan Efisiensi Layanan Pembayaran Tiket Masuk di Gerbatama UI

UPT PLK UI bekerjasama dengan Mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2014 melakukan analisis peningkatan efisiensi layanan pembayaran tiket masuk di gerbatama UI. Terhitung sejak bulan September 2015 pihak  Universitas  Indonesia memberlakukan tarif  baru masuk kampus. Tarif  baru ini berpengaruh terhadap ergonomis dalam transasksi pembayaran dan pemberian tiket masuk baik dari pihak petugas maupun pengendara. Pada jam tertentu, kemacetan pada arah masuk gerbang utama UI semakin menningkat. Terdapat ketidak efektifan dalam gerakan pengembilan uang sehingga berdampak pula kepada tingkat efisien waktu berkendara saat melintas.

 

Dari pengamatan yang telah dihimpun oleh tim mahasiswa Teknik Industri dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan waktu singgah dalam pengembalian uang hingga mencapai 20 detik permobil. Setelah dilakukan analisis terkait kemacetan yang terjadi, salah satu penyebab lamanya proses transaksi ialah adanya kendaraan yang tidak membayar sesuai tarif yang berlaku meskipun sudah ada papan informasi mengenai tarif baru tersebut. Sehingga diperlukannya proses pencarian uang serta pengembalian uang  dan hal tersebut memakan cukup banyak waktu.

 

Oleh karena itu, kami mengajak seluruh civitas akademik Universitas Indonesia, terutama mahasiswa yang membawa kendaraan roda empat, untuk membayar uang tiket masuk Universitas Indonesia sesuai tarif yang berlaku demi terciptanya proses pembayaran yang cepat dan efektif.

 

Sumber: Data Penelitian Mahasiswa Teknik Industri UI angkatan 2014

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: